Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pihak Dekan FUH Sebut Budaya Menulis di Website PKU Agar Ditebarkan: Pengurus PKU dan OPKU Adakan Pelatihan Jurnalistik

 

Pelatihan Jurnalistik Program Khusus Ulama (Foto: Ismi 'Afifah/LPM SUKMA)

Pengurus Organisasi Program Khusus Ulama (OPKU) Gelar Pelatihan Jurnalistik yang dihadiri oleh mahasiswa/i Program Khusus Ulama (PKU) Angkatan 2022 & 2023, bertempat di Aula Asywadie Syukur, pada Sabtu (23/03) pagi. 

Kegiatan ini mengusung tema “Berkarya dengan Tulisan Menciptakan Berita yang Memberi Kebermanfaatan”, menghadirkan Pemateri Muhammad Rahim Arza yang berpengalaman di bidang jurnalistik.

Menurut Dekan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUH), Dzikri Nirwana dalam sambutannya, pelaksanaan pelatihan jurnalistik ini dilaksanakan sesuai dengan hasil rapat pengelola PKU dan pengelola OPKU.

“Beberapa waktu yang lalu kita mengadakan rapat dengan pengelola PKU dan pengelola OPKU mengenai pelatihan jurnalistik yang menjadi agenda diadakan setiap tahun oleh kawan-kawan OPKU,” sambutnya.

Ketua Umum OPKU, Ahmad Ridhoni menyebut tujuan adanya kegiatan ini yakni menjadi bekal kepengurusan OPKU dalam bidang jurnalistik, terutama dalam penulisan berita.

“Tujuan diadakan pelatihan ini adalah sebagai bekal kepengurusan OPKU dalam bidang jurnalistik, terutama dalam penulisan berita. Nantinya hasil dari pelatihan ini akan ada praktek yang berkelanjutan. Setelah diajarkan, setiap mahasiswa akan dilatih untuk menuliskan berbagai kegiatan-kegiatan di PKU seperti halaqah malam, halaqah subuh, maupun kegiatan OPKU dan PKU,” tuturnya Ketika diwawancarai.

Ia juga menjelaskan bagaimana proses pengelolaan berita kedepannya.

“Nanti setiap mahasiswa PKU akan mendapat bagian untuk menulis berita, dan ini akan menjadi bekal bagi seluruh mahasiswa PKU khususnya Angkatan 2022 dan 2023. Adapun nantinya bidang media dan informasi OPKU yang akan mengelola penerbitan beritanya,” jelas mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir itu. 

Ketua Pelaksana, Ahmad Mustafa Kamal juga menyampaikan website PKU yang mati sehingga menjadi latar belakang diadakannya pelatihan jurnalistik ini. 

“Seperti yang dikatakan oleh dekan FUH, PKU ini sudah memiliki website, namun mati dan yang te-up hanya berita tentang halaqah saja. Kaya kegiatan sosialisasi PKU, Kegiatan kegiatan PKU, maupun kegiatan yang diadakan oleh OPKU itu tidak diberitakan,” tuturnya.

Salah satu peserta, Hisri Amalia mahasiswa Program Khusus Ulama Angkatan 2023 mengungkapkan perasaannya mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik ini.

“Sangat menarik, karena kan kita sebagai mahasiswa harus punya skill menulis baik itu menulis berita. Selain itu bisa jadi sumber cuan juga. Hal yang paling berkesan pada kegiatan ini ketika pemateri sharing pengalamannya, dan itu jadi pembelajaran juga buat ulun (saya). Ulun (saya) harap, ulun (saya) bisa menulis berita dengan baik” ungkapnya.

Reporter : Ismi 'Afifah

Posting Komentar untuk "Pihak Dekan FUH Sebut Budaya Menulis di Website PKU Agar Ditebarkan: Pengurus PKU dan OPKU Adakan Pelatihan Jurnalistik"