Sabtu, 30 Juli 2016

PROBLEMA ANAK KELAHIRAN 1998

Muhammad Fahrizal
 
Oleh: M.Badaruddin
 
Tak terasa, mereka yang kelahiran tahun 1998 udah beranjak kedunia perkuliahan dan dunia kerja. Setelah lulus dari masa putih abu-abu yang biasanya banyak diisi dengan hal-hal keanak mudaan, kini mereka mulai masuk kedunianya orang dewasa. Sebelumnya mereka hanya bisa menghabiskan duit orang tua (kebanyakan), kini mereka sudah mulai berfikir untuk mencari duit sendiri dan mulai memikirkan tentang masa depan.

    Pada tulisan kali ini saya akan beberkan beberapa problem yang dihadapi anak kelahiran tahun 1998.

1.    Mulai disibukkan dengan test masuk Perguruan Tinggi dan OSPEK
Kebanyakan anak kelahiran tahun 1998 saat ini sedang disibukkan dengan kegiatan Ujian Masuk Perguruan Tinggi (UM-PT). Bahkan ada juga yang sudah mempersiapkan perlengkapan buat menghadapi Orientasi Perkenalan Kampus (OSPEK). Mungkin beberapa dari mereka sudah tidak sabar bertemu dengan orang baru dan lingkungan baru yang sebelumnya belum mereka rasakan di SMA. Saran saya, cepatlah beradaptasi, tapi jangan sampai meninggalkan norma yang ada, kota itu keras, kawan.

2.    Ada juga yang sibuk mencari lowongan kerja
Beberapa dari anak kelahiran tahun 1998 yang tidak melanjutkan kuliah, mereka mungkin sekarang disibukkan dengan pencarian kerja keberbagai perusahaan. Setelah lulus dari SMA, mereka akan tersadar bahwa mereka tidak selamanya bisa mengharapkan bantuan orang tua, mereka akan mulai berfikir untuk mencari duit sendiri. Selain karna kesadaran, bisa juga karena tuntutan keluarga dan lingkungan yang mengharuskan dia masuk kedunia kerja. Saran saya, bekerja memang bagus untuk membantu perekonomian keluarga, tapi carilah kerjaan yang halal. Meskipun kerja, tetap jangan lupa belajar dan mencari ilmu dimanapun kau berada yaa.

3.    Sering mendapat pertanyaan, “Kapan Nikah ?”
Kalau problem yang satu ini mah jangan ditanya lagi, terutama untuk perempuan, pasti sering mendapat pertanyan “Kapan nikah ?”. apalagi saat menghadiri nikahan tetangga, pasti ada aja ibu-ibu yang nanya “Kapan nyusul ?”. pertanyaan sih sederhana, tapi ngejawabnya yang susah. Salah satu jawaban yang paling pas ialah “ Insya Allah kalau udah jodoh bakal ada aja ko”, sambil nyengir gak jelas. Pertanyaan sederhana ini pasti bakal dirasain oleh semua orang, percaya gak percaya, pertanyaan ini jawabannya lebih susah dari soal UN, karna  jawabannya kita yang punya, tapi kita gak bisa jawab..wkwk
Nah, itu tadi beberapa problema yang bakal dan sedang dihadapi anak kelahiran tahun 1998, semoga artikel ini bermanfaat ya gays. Sampai jumpa diartikel berikutnya.

Jejak Redaksi

Labels