Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meningkatkan Kreativitas dan Intelektual Melalui Semarak PAI 2023

 

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin menggelar kegiatan tahunan Semarak PAI yang ke-58 dengan tema “Menumbuhkan Kreatifitas dan Intelektual Generasi Muda sebagai Implementasi dalam Berkarakter,” bertempat di Auditorium Mastur Jahri pada Sabtu (28/10) pagi.

Ketua Pelaksana, Wahyu Ramadhani menjelaskan dalam tema yang diusung mengandung harapan kepada mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) agar kreativitas dan pengetahuan berkembang.

"Dengan adanya semarak ini, diharapkan dapat merevitalisasi semangat para pemuda khususnya mahasiswa Jurusan PAI dalam mengembangkan kreativitas dan intelektualnya melalui perlombaan-perlombaan yang ada, yang mana dari adanya kreativitas dan intelektualitas yang berkualitas akan melahirkan karakter-karakter yang diharapkan oleh nusa, bangsa dan agama" jelasnya.

Kegiatan yang menghabiskan waktu persiapan sekitar 2 bulan ini, dilaksanakan dengan beberapa rangkaian kegiatan. Mulai dari Opening Ceremony, Seminar Pendidikan, Pekan Olahraga dan Seni (Porseni), kemudian diakhiri dengan Tasyakuran dan Closing Ceremony.

Wahyu menerangkan rangkaian acara yang telah dilaksanakan merupakan gagasan baru dari kepengurusan HMJ PAI periode saat ini.

"Jadi untuk acara semarak PAI ini sebenarnya merupakan gagasan baru dari kami, yang mana pada acara-acara sebelumnya itu cuma berupa kegiatan porseni saja yang dijalankan setiap tahunnya. Sedangkan pada acara kali ini kami membuat beberapa perubahan yang mana di tambahkan beberapa kegiatan,” ujarnya.

Adapun Kendala yang disampaikan oleh Wahyu, terkait kurangnya minat mahasiswa dalam mengikuti perlombaan, tetapi dengan segala cara hal tersebut dapat diupayakan dan teratasi dengan mengkreasikannya sesuai perkembangan tren di masa sekarang.

Ketua Umum HMJ PAI, M. Syarif Rizki, turut menyampaikan tujuan dari dilaksanakannya acara Semarak PAI pada tahun ini. 

“Tujuan dilaksanakannya Semarak PAI ini yakni untuk memperingati ke-58 tahun Jurusan PAI dan untuk membina para generasi pendidikan agama Islam agar menjadi unggul beradab dan berintelektual, sesuai dengan visi jurusan,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan harapannya untuk generasi penerus HMJ PAI yang akan menghadapi Semarak di tahun berikutnya.

"Harapan besar kepada generasi selanjutnya yang akan menghadapi Semarak tahun depan agar tetap dilanjutkan lagi, di generasikan, untuk kemudian membangun pendidikan agama Islam yang unggul beradab dan berintelektual,” tuturnya.


Rep: Luvi Ilma Zahra

Editor: Halimah Sa’diyah

Posting Komentar untuk "Meningkatkan Kreativitas dan Intelektual Melalui Semarak PAI 2023"