Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Debat Kandidat Calon DEMA Berjalan Lancar

Tahapan terakhir dari Pemilihan Mahasiswa (Pemilwa), yaitu debat kandidat pasangan calon (paslon) DEMA UIN Antasari Banjarmasin oleh Komisi Pemilihan Mahasiswa Universitas (KPM-U), berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan, di Aula Asywadie Syukur pada Sabtu (26/03).


Agenda debat diadakan secara luring dan daring melalui live Instagram resmi KPM-U, dihadiri oleh beberapa tamu undangan yakni Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ketua Umum UKK/UKM atau yang mewakili, dan tiga orang panelis diantaranya Mahdia Fadhila, M. Psi., Psikolog, Arif Rahman Heriansyah, S.Pd.I, M.A, dan R. Yani Gusriani, SE.MM yang seluruhnya diambil dari dosen UIN Antasari Banjarmasin.


Pelaksanaan Debat Kandidat paslon DEMA UIN Antasari kali ini mengusung tema “Mewujudkan Pemilwa Yang Akuntabel, Humanis, dan Berintegrasi”.


Zainal Ilmi selaku Ketua KPM-U, mengatakan bahwa tema tersebut berlandaskan pada harapan yang sama.

“Tema tersebut diangkat dari jauh hari, berlandaskan harapan kita bersama untuk pemilwa di tahun ini,” ujarnya.


Debat Kandidat paslon DEMA kali ini terdiri dari dua kandidat paslon yang telah dinyatakan lulus dalam tahap sebelumnya. Paslon nomor urut 01, yakni M.Yogi Ilmawan dan Muhammad Iqbal dengan paslon nomor urut 02 yaitu Jainuddin Dan Rio Rizki Ananda.


Berdasarkan pemaparan Zainal, agenda Debat Kandidat dilakukan dengan empat sesi dengan waktu yang telah ditentukan.

“Mengenai teknik debat kandidat dibagi menjadi 4 sesi. Yang pertama memaparan dan tanya jawab Visi Misi. yang kedua Pemilihan Mosi, pemaparan dan tanya jawab mosi. Yang ketiga  pemaparan dan tanya jawab masing-masing Paslon. Yang terakhir kesimpulan, clossing statment, masukan dan arahan dari panelis," lanjutnya.


M. Yogi Ilmawan selaku Calon Ketua DEMA nomor urut 01, mengatakan bahwa debat kandidat adalah sarana untuk memutuskan dan memilih daripada apa yang hari ini diadu, secara tidak langsung itu juga menjadi daya jelajah mahasiswa untuk mengetahui visi misi dari paslon.

“Yang pastinya debat kandidat ini juga menentukan bahwa hari ini apakah memang murni hasil daripada apa yang digagas atau bahkan hanya kepentingan belaka yang berlandaskan ketidaktulusan dan ketidak semangatan dalam bertarung," ucapnya.


Dalam kesempatan yang sama, Calon Ketua DEMA dengan nomor urut 02, Jainuddin juga turut menyampaikan harapannya. Ia berharap agar mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin bisa menilai daripada visi misi maupun gagasan yang disampaikan semua paslon, dan semua elemen mahasiswa pada tanggal 30 Maret 2022 bisa menggunakan hak pilihnya.

"Tentu kami mengharapkan bahwasanya semua elemen mahasiswa pada tanggal 30 bisa menggunakan hak pilihnya. Siapapun yang dipilih nanti kita tetap bersama, kita tetap solid untuk memberikan berkemajuan untuk universitas," ucapnya.


Rep: Clarus

Editor: Marsupilami

Posting Komentar untuk "Debat Kandidat Calon DEMA Berjalan Lancar"