Mudahnya Memahami al-Qur'an dengan Tamyiz


Mahasantri Mahad al-Jami’ah Antasari ramai memenuhi jalan utama kampus, dimulai dari depan asrama menuju gedung Auditorium Masturi Jahri. Mereka tampak bersemangat untuk mengikuti kegiatan tamyiz. Program wajib Ma'had ini mengusung tema 'Membentuk Karakter Mahasiswa UIN Antasari yang berwawasan Al-Qur'an.'

Setidaknya ada sekitar 600 mahasantri dari empat asramayang mengikuti kegiatan tamyiz. Kegiatan berlangsung selama 3 hari yang lalu, dari tanggal 1-3 Desember. Para mahasantri ini menghabiskan waktu weekand-nya untuk mempelajari metode menerjemahkan al-Qur’an dengan pola melagukannya sehingga mudah di ingat.

“Dengan adanya tamyiz ini mahasantri dan mahasantriwati bukan hanya membaca Al-Qur’an dengan tajwid tapi juga bisa menerjemah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.” Jelas Rolia Ulfah, musyrifah Ma’had al-Jami’ah pada tim Sukma.

Metode tamyiz ini dirasa sangat menyenangkan, seperti yang diungkapkan oleh Munada Inzalia dari wisma 2. “Acara yang sangat menyenangkan dimana kita belajar melalui sebuah nyanyian. Kita juga mendapatkan pengetahuan mengenai apa itu fi'il, isim dan huruf juga tentang dhomir dan lain-lainnya, ditambah nyanyian-nyanyian dalam bahasa Arab.” 

Rep:Nur Azizah
Edito: si Mbah
Foto:https://raisingsahabas.wordpress.com/2011/12/24/how-to-help-a-child-memorize-quran/