Penting nya Belajar ilmu Bela diri

Sumber Google

    Tingkat kriminalitas semakin tinggi bak wabah yang menyerang kesetiap daerah. Aparat Polisi sebagai keamanan semakin kewalahan menanganinya. Berita-berita mengerikian terdengar setiap pagi, entah itu soal pembunuhan, ,pembegalan,danpemerkosaan yang marak terjadi pada perempuan akhir-akhir ini. Lantas apakah kita hanya bisa berdiam mengandalkan para aparat keamanan, atau menunggu datangnya superman dan batman, lah wong mereka juga lagi betengkar.

    Saat ini semua orang bisa menjadi korban tindak kejahatan. Jadi sebaiknya kita berusaha meningkatkan perlindungan diri kita sendiri seperti kita ikut pelatihan beladiri, berlatih beladiri cukup efesien untuk menjaga diri kita. Saya apresiasi terhadap sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi yang mengadakan kegiatan berlatih ilmu bela diri ,entah itu silat, taekwondo,kungfu dan kawan kawan nya.

Ada enggak bela diri yang khusus buat wanita ?
Jawaban nya banyak, semua ilmu bela diri entah itu silat, karate, taekwondo dll, semua itu bisa di ikuti oleh semua kalangan terutama wanita. Iya sih semua itu perlu pakai fisik yang ekstra untuk berlatih. Sedangkan wanita kebanyakan tidak suka dengan kekerasan atau pun yang menguras banyak tenaga .Apa enggak ada beladiri yang mengutamakan kelembutan ? jawabannya Ada ko. Beladiri yang memakai kelembutan sebagai kekuatan, nama beladiri itu sendiri disebut wing chun yaitu sebuah aliran kungfu. Nah cocok banget itu bagi kaum hawa yang suka kelembutan.

     Masih banyak orang yang beranggapan bahwa berlatih bela diri sama dengan berlatih kekerasan. Karena disana diajarkan cara memukul, menendang, menyerang, meghindar dan menangkis, yang merupakan gerakan-gerakan umum pada sebuah perkelahian.

     Sebenarnya tidak salah juga orang yang beranggapan seperti itu ,apalagi orang yang belum pernah mengikuti beladiri sama sekali sebelum nya. Namun anggapan tersebut tidak tepat, karena manfaat berlatih beladiri itu banyak sekali. Nah sekarang saya akan paparkan beberapa manfaat berlatih beladiri :
Yang pertama : sebagai sarana membela diri

    Tujuan utama membela diri adalah selamat bukan untuk sok jagoan. Intinya sih jangan buat masalah dengan orang, apabila orang menyerang atau mau berbuat jahat kepada kita sebisa mungkin kita lari, apabila lari udah kagak bisa, teriak minta tolong juga ternyata rumah kosong, minta ampun sudah kagak mempan, mau kasih duit boro-boro buat balikin utang aja kagak ada, ya udah bismillah, lu jual gua borong.
Yang kedua : membuat lebih sehat dan bugar

    Seperti halnya manfaat dari olahraga yang lain. Berlatih bela diri secara teratur bisa meningkatkan kebugaran, karena otot yang ada akan terlatih untuk bergerak dan membuat tubuh menjadi lebih sehat tentunya. Terutama yang menggunakan unsur kecepatan, turut memacu fungsi jantung dan paru-paru, sehingga peredaraan darah dan pernafasan kita akan lebih lancar.

Yang ketiga : Meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian. Ketika memiliki kemampuan lebih maka akan bisa lebih percaya diri. Disamping itu kita dilatih dan dikondisikan agar rasa percaya diri dan keberanian kita muncul

Yang keempat : Meningkatkan kedisiplinan. Setiap beladiri pastinya akan memiliki teknik/jurus dan aturan yang harus diterapkan disiplin, tingkatan dalam beladiri juga memaksa seseorang untuk berusaha disiplin agar memenuhi beberapa persyaratan untuk mencapainya.

     Demikian tadi seberapa pentingnya dan beberapa manfaat dalam belajar/berlatih ilmu beladiri. Semoga bermanfaat bagi kita dalam menjaga diri kita sendiri dan orang yang kita cintai dari tindak kejahatan. (Wahyu fitrianto yang kini sedang belajar/berlatih ilmu beladiri wing chun).