Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Filsafat Haram, HMP AFI Gelar Terbuka FOKAFI


Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin mengadakan Forum Kajian Filsafat (FOKAFI) mengusung tema "Menyoal Fatwa Filsafat Haram", berlangsung di Apung 4 Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUH), Jumat (16/12) sore. 

FOKAFI sering kali terlaksana setiap dua minggu sekali dengan berbagai tema menarik pilihan dari para pemangku divisi intelektual. Dengan begitu, kegiatan rutinan ini menyajikan ilmu filsafat dengan berbagai sudut pandang, salah satunya kali ini yaitu dengan kacamata kontra terhadap filsafat itu sendiri. 

Kajian dibuka dengan moderator, Muliya Fitriyani yang memperkenalkan diri disamping pemateri luar biasa yaitu Yunizar Ramadhani. Kemudian, perhatian audiens diserahkan kepada Yunizar sepenuhnya untuk memaparkan materi. 

"Menanggapi adanya pernyataan filsafat itu haram. Sebenarnya tidak worth it," ucapnya. 

Ia juga menambahkan, bahwa ada tiga alasan mengapa mengatakan bahwa adanya statement filsafat itu haram tidaklah worth it karena yang pertama: penolakan terhadap filsafat itu bukanlah hal yang baru. Yang kedua: bahwa filsafat itu haram, itu ranahnya fiqih, karena fiqih berbicara hal-hal konkret. 

"Dan yang terakhir: sumber logisnya saja tidak seimbang," pungkasnya. 

Demikian, pemaparan materi dilaksanakan dengan khidmat. Namun, ketika memasuki sesi tanya jawab, ada dari salah satu mahasiswa AFI yang mengkritisi serta bertanya. 

"Kalau di pesantren, ujar guru ini, inggih-inggih aja si murid. Kalau diperkuliahan, dosen menjelaskan, mahasiswa mengkritik," ungkap Akhmad Arifin membuka narasi kritisnya. 

Lantas, Arifin menarik tasnya yang berada di bawah meja untuk mengeluarkan buku karangan salah satu filsuf Islam di Indonesia yang cukup terkenal yaitu Fahruddin Faiz. Ia pun membacakan salah satu pendukung argumen kritiknya dalam buku tersebut serta menyampaikan pendapat pribadinya kepada forum. 

"Filsafat adalah pengetahuan yang meleset. Serta kalau filsafat dijadikan produk, itu akan menjadi haram apalagi ketika objeknya Alquran," ucapnya. 

Usai kajian, Fadhel Muhammad, Selaku Ketua Pelaksana mengutarakan alasan dibalik tema yang diusung. 

"Karena banyak saya melihat dimedia sosial dalam bentuk kutipan-kutipan yang mengatakan bahwa filsafat itu haram, makanya mengusung tema tersebut," terangnya. 

Selaku Ketua Umum HMP AFI, Resvin Noor Ananda Siddiq menyampaikan tujuan serta harapan dari diselenggarakannya FOKAFI ini yaitu untuk mempertahankan budaya literasi. 

"Semoga mahasiswa AFI punya pemikiran yang tajam dan tidak meninggalkan budaya tersebut," jelasnya. 


Rep: Marsupilami

6 komentar untuk "Filsafat Haram, HMP AFI Gelar Terbuka FOKAFI"