Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga BBM Naik, DEMA-U Siapkan Massa Aksi dan 6 Poin Tuntutan


Tertanggal 3 September 2022 harga Bahan Bakar Minyak (BBM) resmi melambung, sehingga menggerakkan para aktivis atau organisatoris untuk turun ke jalan, yang salah satunya yaitu Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin dengan menggelar konsolidasi untuk mempersiapkan Massa Aksi dan Tuntutan, berlangsung di gedung Pusat Sumber Belajar (PSB) Lantai 1, Rabu (07/09) sore.


Menjadi fasilitator untuk membuka ruang bagi mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin serta menggelar konsolidasi lanjutan dari konsolidasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-kalimantan, Yogi Ilmawan selaku Presiden Mahasiswa (Presma) mendiskusikan isu yang sedang marak ini untuk menindaklanjutinya. 


"Isu yang dibahas hari ini bisa dikatakan isu yang klasik bahkan ber efek domino ke depan dan dilihat bakal banyaknya kemiskinan, konflik yang terjadi gejolak antara pemerintah dan masyarakat yang tidak sepaham,"pungkasnya. 


Dengan adanya ruang yang terbuka bagi mahasiswa/i UIN Antasari Banjarmasin maka dari itu perwakilan fakultas menghadiri, bahkan menyuarakan pendapat serta aspirasinya tentang kenaikan harga BBM. 


Dapat disimpulkan hasil dari konsolidasi yang di gelar oleh DEMA-U mengeluarkan 6 poin diantaranya:


1. Menuntut DPRD Kalimantan Selatan untuk menyatakan sikap tegas menolak kenaikan BBM 

2. Menuntut DPRD Kalsel untuk mendesak DPR - RI dan pemerintah pusat untuk merancang dan menetapkan payung hukum yang jelas terhadap subsidi BBM di masyarakat

3. Menuntut DPRD Kalsel untuk mendesak DPR - RI dan pemerintah pusat agar melaksanakan evaluasi tegas ke BPH migas atas kinerja dalam mengatur dan mengawasi terhadap penyediaan BBM 

4. Menuntut DPRD Kalsel untuk mendesak pemerintah daerah agar berkomitmen dalam memberantas mafia BBM 

5. Menuntut DPRD Kalsel untuk mendesak DPR - RI dan pemerintah pusat agar mengembalikan subsidi BBM yang tepat sasaran 

6. Menuntut DPRD Kalsel untuk mendesak DPR - RI dan pemerintah pusat agar menjamin stabilitas harga pokok di masyarakat.


Tak hanya itu, konsolidasi ini pun mengajak semua organisasi mahasiswa fakultas dan seluruh mahasiswa UIN Antasari untuk ikut andil dalam aksi nanti.


Rep: Remay, Clarus

Editor: Marsupilami

Posting Komentar untuk "Harga BBM Naik, DEMA-U Siapkan Massa Aksi dan 6 Poin Tuntutan"