Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meriahkan Anniversary, UKM Antasari Cendikia Gelar Seminar Kepenulisan



Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Antasari Cendikia (AC) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin menggelar Regional Seminar 13th Anniversary of UKM Antasari Cendikia dengan mengusung tema “Mengikat Karya dengan Pena”, di Aula Kayuh Baimbai pada Minggu, (19/06) pagi.


Kegiatan ini mengundang seorang penulis buku nonfiksi sekaligus dosen UIN Antasari, H. Hanafi, S.Th.I, M.A. sebagai pemateri untuk mengisi ruang dengar peserta yang berhadir.


Dalam pemaparan materinya, Hanafi menjelaskan bahwa sebagai seorang penulis harus bisa membuat pembacanya mendapatkan hal-hal yang baru dari apa yang sedang dibacanya.


“Ciptakan tulisan yang bukan hanya membuat pembaca ‘wah ini gue banget’ tapi membuat mereka mengetahui hal-hal yang baru. Jadi ketika kita bikin tulisan apakah si pembaca dapat hal baru atau hanya sekedar pengulangan? Jika sudah ada pengulangan maka dibungkus dengan kata-kata atau diksi yang berbeda,” jelasnya.


Nabilatul Zulfa, selaku Sekretaris Umum AC menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja (proker) divisi jurnalistik dan kepenulisan.


“Seminar ini adalah salah satu proker dari divisi jurnalistik dan kepenulisan di Antasari Cendikia dan acara ini juga masuk dalam rangkaian anniversary, karena dalam anniversary itu ada seminar dan halal bihalal,” ungkapnya.


Ia berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat menjadikan Antasari Cendikia sebagai organisasi yang memberikan manfaat kepada khalayak.


“Semoga semakin terdepan dan memberikan kontribusi yang banyak lagi, khususnya bidang keilmuan dan kepenulisan dan terus konsisten memberikan kebermanfaatan,”harapnya.


Ketua Pelaksana, Zahratunnisa mengaku sempat mendapatkan kendala pada saat pencarian tempat untuk pelaksanaan kegiatan ini.


“Suasana sekarang itu kan pada banyak-banyaknya orang mengadakan acara, otomatis kami memiliki hambatan dalam menentukan tempat. Di UIN sendiri tempat tidak bisa dipakai di hari libur, sehingga kami mencari tempat ke luar,” terangnya.


Ia kemudian turut serta menyampaikan harapannya terhadap organisasi yang diselaminya itu, agar esensinya dapat dikenal dan diketahui oleh banyak orang sehingga dapat mengharumkan nama UIN.


“Semoga UKM Antasari Cendikia lebih dikenal orang banyak dan esensinya lebih bisa membanggakan UIN,” tutupnya.


Reporter : Langay & Andrepati

Editor      : Marsupilami

Posting Komentar untuk "Meriahkan Anniversary, UKM Antasari Cendikia Gelar Seminar Kepenulisan"