Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentaskan Seni ke Khalayak Umum, DEMA-U Gelar Siping di Menara Pandang

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Antasari Banjarmasin menyelenggarakan kegiatan Seni Pinggiran (Siping) yang bertajuk “Seni Adalah Kita Karena Kita Bagian Karya Seni” sembari menggalang dana untuk korban pada Sabtu, (25/12) di Siring Menara Pandang.


Kegiatan hasil kolaborasi antara Organisasi Mahasiswa (Ormawa) kesenian se-UIN Antasari ini melibatkan Sanggar Bahana Antasari, Sanggar Musik Antasari, Sanggar Legenda, Sanggar Kereta, Sanggar Tasmaq An-Nida, dan Teater Awan untuk ikut andil mengekspresikan apresiasi terhadap seni. 


Kegiatan ini dimeriahkan dengan beberapa pentas kesenian, seperti pertunjukan teatrikalisasi puisi. Tak hanya UKM kesenian se-UIN Antasari yang menampilkan pertunjukan seni, namun kegiatan ini secara bebas memberikan panggung kepada semua orang untuk berpartisipasi dalam pementasan seni. 


Muhammad Anggi Rifani, selaku Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar bertujuan agar menghidupkan kembali suasana kesenian dan merekatkan para penggiat kesenian di lingkup kampus. Pasalnya, selama pandemi, tak ada kegiatan seperti ini. 

“Sudah lama ingin mengadakan siping ini, supaya merekatkan lagi UKM kesenian di kampus. Baru saja diadakan karena kita terhalang pandemi,“ tutur pria yang sekarang juga menjabat sebagai Kementerian Seni dan Budaya DEMA UIN Antasari.


Ditambahkannya, bahwa alasan berkegiatan ini untuk memberikan wadah apresiasi kesenian yang ditujukan untuk mahasiswa UIN Antasari dan masyarakat umum.


Muhammad Ridho’i selaku pengurus dari Sanggar Tasmaq An-Nida, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan secara eksternal di luar kampus karena kegiatan tersebut sebagai peluang memperkenalkan seni kepada khalayak umum secara luas terutama masyarakat Banjarmasin. 

“Kami ingin memperkenalkan kepada khalayak banyak terutama yang ada Banjarmasin tentang macam seni dan bagaimana berkesenian,” ujarnya. 


Ia pun turut berharap agar penggiat seni bisa terus berkarya dan mampu melestarikan budaya terutama seni yang sudah lama ada.


Rep: Hamla

Editor: Lanjit

Posting Komentar untuk "Pentaskan Seni ke Khalayak Umum, DEMA-U Gelar Siping di Menara Pandang"