Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Minat Menjadi Legislator Rendah, SEMA-U Adakan Training Legislatif

Dok. SEMA-U

Senat Mahasiswa (SEMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin mengadakan Training Legislatif Mahasiswa dengan mengangkat topik "Melahirkan Legislator Muda yang Ber-Kapabilitas dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0", bertempat di Hotel Zuri Express Banjarmasin dan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting, Minggu (3/10) pagi. 


Acara ini menghadirkan pembicara seperti Siti Rosyidah, Rizkan Fadhli dan M. Syaripuddin selaku Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan. 


Ketua Pelaksana acara, Wahyudi menjelaskan alasan topik Training Legislatif dipilih karena selaras dengan target kegiatan yaitu para mahasiswa baru angkatan 2020 dan 2021.

"Mereka adalah sebagian dari generasi penerus bagi yang di atasnya. Maka kami membentuk kegiatan ini sedemikian rupa untuk mereka-mereka berjiwa muda agar tertarik dalam dunia kelegislatifan," jelasnya. 


Diketahui, acara yang dibuka untuk seluruh mahasiswa se-Kalimantan Selatan ini dihadiri sekitar 90 peserta, dengan 50 orang berhadir secara offline dan sekitar 40 orang menggunakan media online. 


Dok. SEMA-U


Muhammad Husin Ali selaku Ketua Umum SEMA Universitas, mengungkapkan latar belakang diadakannya training legislatif untuk menumbuhkan kesadaran dan memberikan edukasi pada mahasiswa bahwa di kampus tidak hanya memiliki lembaga eksekutif saja tetapi juga memiliki lembaga legislatif.

"Kita dapat melihat tahun-tahun sebelumnya yang mana minat mahasiswa untuk masuk ke lembaga legislatif kampus sangat minim, itulah mengapa kami memfokuskan atau menargetkan kegiatan ini untuk mahasiswa angkatan 2020 dan 2021. Alhamdulillah kegiatan ini dapat kami laksanakan bahkan tingkat regional karena ada beberapa mahasiswa dari kampus lain yang mengikuti seperti UNISKA. Jadi pada intinya kami hanya ingin memberikan edukasi untuk mahasiswa terkait lembaga legislatif mahasiswa," ungkapnya. 


Ia juga berharap melalui kegiatan ini, para mahasiswa semakin memiliki pandangan yang jelas akan mengambil langkah ke depannya, di mana harus terjun untuk berproses dan mencari pengalaman, baik ke lembaga eksekutif atau legislatif.

"Tugas kami hanyalah mensosialisasikan dan mengedukasi kepada para mahasiswa baru terkait lembaga legislatif agar mereka mengetahui apa itu SEMA dan apa fungsi serta wewenangnya. Ketika mereka semua sudah mengetahui terkait hal itu, saya harap mereka dapat mengambil langkah ke depannya, kemana mereka harus terjun untuk berproses dan mencari pengalaman," ujarnya pada Senin (04/10) pagi.


Rep: Lt

Editor: Lanjit

1 komentar untuk "Minat Menjadi Legislator Rendah, SEMA-U Adakan Training Legislatif"