Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dilaporkan Warga karena Kegiatan Kumpul-kumpul Pada Masa PPKM, Ketua Umum KAMUSH: Kami Orientasi, Bukan Nongkrong

Beredarnya kabar tentang kegiatan kumpul-kumpul mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sempat dilaporkan warga sekitar di Jalan Pramuka, Selasa (27/07).


Belakang diketahui perkumpulan tersebut berasal dari salah satu Organisasi Mahasiwa (Ormawa) Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUH).


Saat dikonfirmasi, Rabbani selaku Wakil Sekretaris Umum Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FUH, membenarkan perihal adanya perkumpulan tersebut dari salah satu Ormawa FUH, tepatnya Komunitas Mahasiswa Ushuluddin dan Humaniora (KAMUSH).

“Akan tetapi mereka bukan nongkrong sambil ghibah, tapi mereka mengadakan acara orientasi yang menggunakan sistem hybrid dan juga sudah mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan membawa hand sanitizer,” ungkapnya.


Menurut Rabbani dari kesaksian Ketua KAMUSH, warga melapor lantaran cemas karena kasus Covid-19 di Banjarmasin masih tergolong tinggi dan juga dalam suasana PPKM. Diketahui warga yang melapor tidak memeriksa dan bertanya ke tempat acara terlebih dahulu.

“Miskomunikasinya terjadi ketika warga langsung melapor ke pihak yang bertanggung jawab di kampus dan tidak mencek dan bertanya langsung ke tempat pelaksanaan acara,” ucapnya.


Ia juga menambahkan jika komunikasi terjalin dengan baik, maka warga tidak perlu khawatir karena mereka telah mematuhi standar protokol kesehatan dari pemerintah.

“Menurut saya apabila warga bersifat komunikatif, mungkin warga tidak terlalu khawatir karena mahasiswa sudah mematuhi protokol kesehatan dan pelaksanaan acara menggunakan sistem hybrid,” pungkasnya.


Sementara itu, Wakil Dekan 3 Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Dzikri Nirwana mengatakan, pihak kampus telah menindaklanjuti kejadian tersebut dengan langsung membubarkan acara dan meminta kepada mahasiswa yang bersangkutan untuk mengadakan acara via online.

“Alhamdulillah kemarin sudah ditindaklanjuti dengan membubarkan acara dan mengganti dengan jadwal online, kemudian kami memberikan arahan dan nasihat kepada mereka, jadi sudah kelar saat itu juga,” katanya.


Kemudian ia mempertegas kembali kepada seluruh Ormawa agar tidak beraktivitas tatap muka selama masa PPKM. 

“Kami menghimbau kepada seluruh Ormawa agar tidak berkegiatan secara luring selama PPKM dengan melakukan share aturan rektorat terkait pembatasan kegiatan selama PPKM,” tutupnya. 


Dari Ketua KAMUSH sendiri, Akhyar memberikan tanggapannya terkait kejadian tersebut. Ia mengatakan bahwa mereka berkumpul dalam acara orientasi kepengurusan, bukan sekadar santai-santai dan juga telah mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

“Kalo dikatakan kumpul-kumpul kurang tepat sih, soalnya kami mengadakan acara orientasi kepengurusan, bukan nongkrong santai-santai. Untuk warga yang melapor ke pihak kampus, mungkin cemas makanya menjadi agak kritis karena kasus Covid-19 di Banjarmasin masih terbilang tinggi, ditambah lagi juga masih dalam suasana PPKM,” Ujar Akhyar pada Sabtu (31/07) malam.


Rep: Entek & Ambak

Editor: Lanjit

Posting Komentar untuk "Dilaporkan Warga karena Kegiatan Kumpul-kumpul Pada Masa PPKM, Ketua Umum KAMUSH: Kami Orientasi, Bukan Nongkrong"