Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yahya Mof: KKN Tahap Dua Khusus Mereka yang TKK Tahap Dua

Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti Tes Keterampilan Keagamaan (TKK) dan harus dinyatakan lulus sebagai prasyarat mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN).


TKK tahap 1 telah dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Juni lalu, yang nantinya akan dilanjutkan tahap ke-2 pada tanggal 6 dan 7 Juli mendatang. Sedangkan untuk pendaftaran KKN tahap 2 akan dibuka setelah adanya hasil pengumuman kelulusan TKK tahap 2.


Yahya Mof selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) menjelaskan, nantinya setelah pengumuman kelulusan keluar, selanjutnya akan dibukanya pendaftaran KKN tahap 2 untuk yang mengikuti TKK tahap 2. 

“Jadi, untuk TKK tahap 2 untuk masa pendaftaran KKN-nya setelah pengumuman lulus. TKK dulu, baru ada khusus untuk pendaftaran KKN yang di tahap 2,” ungkapnya, Rabu (30/06).


Ia juga mengatakan bahwa pendaftaran KKN tahap 2 hanya diperuntukkan untuk pendaftar TKK tahap 2 dan tidak digabung dengan pendaftar TKK tahap 1.

"Pengumuman untuk KKN tahap 2 itu khusus untuk mereka yang tahap 2, jadi gak gabung," paparnya.


Yahya juga menegaskam kembali, bahwa esensi dari TKK tahap 2 memang untuk mereka yang mengalami ketertinggalan dalam mendaftar tes TKK tahap 1.

"TKK Tahap ke-2 itu menampung untuk teman-teman yang belum sempat mendaftar di tahap 1, karena berbagai persoalan,” ujarnya.


Ia menjelaskan untuk pendaftar TKK di tahap 1, tidak diperkenankan kembali untuk mengikuti TKK di tahap 2.

“Di tahap 2 ini kami selektif lagi, karena adanya pendaftar yang sudah mendaftar di tahap 1, padahal tahap 2 ini untuk yang belum sempat mendaftar karena berbagai alasan, jadi ditampunglah pada tahap 2,” paparnya.


Untuk pendaftar yang tidak lulus di tahap 1, Yahya mengatakan bisa mengikuti TKK kembali pada semester genap mendatang.

“Yang mengikuti di tahap 1 tapi tidak lulus, itu juga tidak bisa mengikuti di tahap 2, dan harus menunggu disemester genap mendatang,” ungkapnya.


Ia juga menambahkan, kalau tidak ingin menunggu lama di semester genap mendatang, nanti di bulan November atau Desember biasanya ada KKN Internasional.

“Atau nanti kalau ada, biasanya menjelang bulan November atau Desember ada yang namanya KKN Internasional, di situ TKK akan dilakukan lagi, dan bisa berkompetisi lagi untuk melakukan KKN, kalau ada,” tambahnya.


Muhammad Irsyad selaku mahasiswa yang akan melaksanakan KKN mengungkapkan kalau ia mengikuti pendaftaran TKK tahap 2 ini karena tidak sempat mendaftar di tahap 1, dan masih ada beberapa hal yang dipertimbangkan buat mengikuti KKN.

“Karena tidak sempat daftar dan masih ada beberapa hal yang dipertimbangkan buat ikut KKN,” ujarnya.


Mengenai kendala saat pendaftaran ia mengatakan kalau sampai saat ini belum ada, karena masih pada tahap pendaftaran, belum sampai pada tahap pengumpulan berkas nantinya.

“Tidak ada kendala, soalnya ‘kan baru daftar, belum masuk ke tahap pengumpulan berkas,” imbuhnya.


Rep: Sls

Editor: Lanjit

Posting Komentar untuk "Yahya Mof: KKN Tahap Dua Khusus Mereka yang TKK Tahap Dua"

Berlangganan via Email