Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membenarkan Isu Pengalihfungsian Sekretariat KOPMA UIN Antasari, Nuzulul Khair: Sekretariat KOPMA Dipindahkan ke Eks Siakad

Kebenaran isu penggusuran sekretariat Unit Kegiatan Khusus (UKK) Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UIN Antasari Banjarmasin, masih belum sepenuhnya mendapatkan kejelasan. Terutama terkait beberapa pihak yang masih belum memberikan tanggapan.


Atas dasar itu, Tim Sukma melakukan konfirmasi terhadap Kasubag (Kepala Sub Bagian) Rumah Tangga, Ica menyebut bahwa sekretariat KOPMA bukan masuk dalam perjanjian sewa hanya dipinjamkan oleh pihak perpustakaan.

"Oh itu, ruangan itu tidak masuk dalam perjanjian sewa hanya dipinjamkan dengan KOPMA," ujarnya, Senin (21/06).


Ia juga menjelaskan alasan penggusuran sekretariat KOPMA karena perpustakaan akan diperluas, maka karena itu sekretariat KOPMA akan dipindahkan ke gedung eks siakad.

"Karena perluasan perpustakaan untuk kepentingan mahasiswa, jadi gedung eks siakad akan dijadikan ruang Antasari Mart dan diberikan untuk KOPMA, nanti atap dan gedung luarnya juga dicat supaya bagus dan nyaman dipakai mahasiswa, untuk ruang dalam kami belum koordinasi dengan mahasiswa untuk pengecatan karena ada barang-barang berharga susah jika ada tukang masuk," paparnya.


Untuk informasi lebih jelas, Ica memberikan saran untuk membicarakan hal ini ke Kabag (Kepala Bagian) Umum.

"Jika ingin jelas besok temui Kabag umum untuk penjelasannya, demikian," pungkasnya.


Nuzulul Khair selaku Kepala Bagian Umum, menegaskan bahwa apa yang terjadi pada sekretariat KOPMA adalah pengalihfungsian karena pihaknya tidak memiliki wewenang untuk menggusur sekretariat KOPMA ataupun hal lainnya yang berada di kampus.

"Kabag umum tidak punya wewenang untuk gusur-menggusur di kampus ini," paparnya, Selasa (22/06) malam.


Mengenai alasan dialihfungsikannya sekretariat KOPMA menjadi corner baca perpustakaan, ia mengatakan bahwa gedung tersebut memang dari awal dibangun untuk perpustakaan.

"Sebab itu gedung perpustakaan, dari awal dibangun untuk perpustakaan," ujarnya.


Kemudian, Nuzulul Khair juga membenarkan bahwa sekretariat KOPMA akan dipindahkan ke eks siakad untuk kepentingan mahasiswa.

"Mengenai KOPMA itu dipindah ke eks siakad, semuanya untuk kepentingan mahasiswa juga, gedung siakad itu akan direnovasi dulu, baru KOPMA pindah ke sana," jelasnya.


Ditanyai lebih lanjut perihal pihak yang memiliki wewenang dalam menggusur atau memindahkan sekretariat KOPMA ke eks siakad, ia menyatakan wewenang tersebut dari hasil rapat pimpinan.

"Hasil rapat pimpinan, semua itu demi kepentingan mahasiswa dan kita bersama," terangnya.


Terakhir, Nuzulul Khair mengatakan sudah memberitahukan perihal pengalihfungsian sekretariat KOPMA tersebut kepada pihak KOPMA.

"Sudah diberitahukan sebelumnya, sebelum dialihfungsikan," pungkasnya.


Sedangkan dari pihak KOPMA mengatakan belum ada tindak lanjut perihal pengalihfungsian tersebut, serta belum mendapatkan informasi mengenai sekretariat KOPMA yang baru.

"Sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari pihak terkait, dan tidak ada informasi mengenai sekretariat KOPMA yang baru," ungkap Imron selaku Ketua Umum KOPMA saat diwawancarai pada aplikasi WhatsApp, Rabu (23/06) malam.


Rep: Vsp & Zhr

Editor: Lanjit

Posting Komentar untuk "Membenarkan Isu Pengalihfungsian Sekretariat KOPMA UIN Antasari, Nuzulul Khair: Sekretariat KOPMA Dipindahkan ke Eks Siakad"

Berlangganan via Email