Rina: Seminar Proposal Daring Efektif



Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Rina Hayani perdana melakukan Seminar Proposal (Sempro) skripsi secara daring melalui aplikasi videocall whatsapp yang telah ditentukan oleh dosen penguji. 

Sebagaimana yang telah tertulis dalam surat edaran Rektor Nomor 391/Un.14/HM.01/03/2020 tanggal 23 Maret 2020 poin 2 tentang ujian (komperehensif, proposal, skripsi, tesis, kualifikasi, dan ujian disertasi tertutup) dilaksanakan secara daring  (online).

Rina mengungkapkan, seminar proposal yang dilaksanakan secara daring pada Jumat (27/03) sejauh ini cukup efektif. Namun, ada sedikit kendala saat berlangsungnya sempro ini.

“Meskipun berlangsung secara efektif tetapi ada gangguan koneksi internet yang terjadi di salah satu dosen yang mengakibatkan suara tidak jelas saat proses tanggapan mengenai presentasi yang dilakukan, ungkapnya saat diwawancarai melalui Via Whatsapp pada Sabtu (04/04) pagi.

Selaras dengan Rina, Anna selaku dosen prmbimbing mengatakan, seminar prososal secara daring ini sudah efektif, meskipun suasana nya berbeda dari sempro biasanya dan adanya kendala pada jaringan.

“sempro ini sudah efektif karena tujuan berlangsungnya seminar sudah tercapai seperti arahan dan masukan bisa diberikan pembimbing melalui media online tersebut, ujarnya.



Rina mengatakan, adapun perbedaan suasana seminar daring yaitu tidak ada audien, hanya ada dosen pembimbing, penguji dan moderator pada acara tersebut.

“Jadi untuk tanggapan yang seharusnya diberikan dari audien harus di tampung terlebih dahulu dan diserahkan kepada moderator, ketika hari H-1 baru saya jawab, tambahnya selaku mahasiswa semester enam ini. 

Ia mengatakan mengikuti sempro daring ini ada rasa sedih dan senang. "Sedih karena tidak bisa disaksikan oleh sahabat dan tidak merasakan gugupnya saat berhadapan dengan dosen sebagaimana yang dirasakan kawan-kawan sebelum adanya kebijakan sempro daring ini. Senangnya, tidak banyak pengeluaran", tutupnya.

Reporter: Laway
Penulis: Ulhy
Editor: Haur

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rina: Seminar Proposal Daring Efektif"

Posting Komentar