Kegiatan DEMA diakhir Kepengurusan


lpm sukma
MESKI TELAH DIAKHIR KEPENGURUSAN, INI BUKAN BERARTI DEMA VAKUM DARI KEGIATAN
DEMA IAIN Antasari kembali melaksanakan program kerja diakhir kepengurusannya. Yaitu Sosialisasi  Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara yang diadakan di Auditorium Mastur Jahri IAIN Antasari Banjarmasin pada Sabtu (18/02/2017). Acara yang dihadiri langsung oleh Sukarni, Wakil Rektor II Bagian Administrasi Perencanaan dan Keuangan juga para dekan di setiap fakultas ini dinilai sangat penting, agar tidak lunturnya empat pilar kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Sosialisasi ini mendapat dukungan penuh dari DPR RI, Dardiansyah anggota Komisi IV yang datang langsung dari Jakarta pagi tadi bersama stafnya, Irzansati.
Irzansati mengemukakan harapan dari adanya sosialisasi ini kepada mahasiswa IAIN Antasari yang secara khusus, agar menjadi bagian dari mahasiswa Islam untuk lebih cerdas menyikapi tentang nilai-nilai kebangsaan. “Supaya mahasiswa IAIN Antasari menjadi bagian mahasiswa Islam yang mampu menjadi kader terdepan.” Ujarnya.
Narasumber dari kegiatan ini tak lain adalah Jalaluddin, seorang dosen sekaligus selaku Wakil Dekan I Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari Banjarmasin.
Dalam sambutan Rifaldi hidayat ketua pelaksana kegiatan ini, menyampaikan permohonan maafnya atas keterlambatan memulai acara. Dari yang terjadwal pukul 09.30 WITA acara baru dimulai pada pukul 10.00 WITA
karena beberapa masalah salah satunya keterlambatan pemateri karena penerbangan terkendala cuaca.
“Alhamdulillah acara terlaksana dengan lancar meskipun belum maksimal.” Tutur Rifaldi Hidayat saat ditemui langsung oleh tim Sukma usai Sosialisas.
Ia juga berharap untuk kegiatan sosialisasi tahun depan, agar kuota peserta ditambahi lagi, mengingat hari ini, jumlah peserta yanng hadir melebihi target panitia pelaksana. Diperkirakan hanya 100 peserta namun ternyata yang hadir berumlah 175 orang.
Salah satu peserta Muhammad Arif Dillah mengutarakan motivasinya mengikuti sosialisasi ini, “Mendapatkan ilmu tentang pentingnya Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara sehingga nantinya dapat mengamalkan di dalam kehidupan sehari-hari.” Ucap mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam ini.
Berkaitan dengan pergantian kepengurusan DEMA pula, ia mengungkapkan pendapatnya tentang kepemimpinan yang ideal untuk IAIN Antasari kedepannya. “Selain sosok yang betul-betul menguasai akademis, tapi dia juga harus mampu mengimplementasikannya dalam kiprah dimasyarakat khususnya di organisasi masyarakat atau organisasi yang bernuansa politis. Meskipun mengejutkan tapi dari kekuatan organisasi politik memunculkan kekuasaan. Dengan kekuasaan dapat mengatur dan menyesuaikan kondisi sesuai dengan keinginan kita mensejahterakan rakyat. Karena saat tidak ada kekuasaan maka suara kita tidak didengar, kecuali ada akses yang kita miliki” Tutupnya.
(Reporter WNJ &AR)