“Oreintasi SEMA Oreintasi Perubahan ke Arah yang Lebih Baik”


    Senat Mahasiswa Institut (SEMA IAIN Antasari Banjarmasin) kembali melakukan kegiatan Oreintasi Senat Mahasiswa Part II pada Selasa, 15 Maret 2016 kemaren dengan tema “Pelatihan Tata Kelola Admistrasi dan Keuangan” yang bertempat di Aula Aswadie Syukur tersebut berjalan sangat lancar. Di hadiri oleh Wakil Rektor III IAIN Antasari  bapak Prof. Dr. H. Mujiburrahman M.A., serta bapak Drs. Fajar Sidiq (kepala Bagian Keuangan), bapak Mukhyar juga bagian umum keuangan, serta bapak Zainuddin S.Ag. sebagai bagian Administrasi sebagai pemateri pada pelatihan tersebut. Dan dihadiri oleh para undangan dari seluruh SEMA Fakultas baik dari Ushuluddin, Tarbiyah, Dakwah maupun Syari’ah, serta dari Dewan Mahasiswa Institut.

    Oreintasi Senat Mahasiswa Part II berisi tentang Administrasi yakni Prosedur Pengurusan Surat Dinas dan Pengelolaan Arsip di Lingkungan IAIN Antasari Banjarmasin oleh seorang Arsiparis Ahli Madya IAIN Antasari yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai seorang Arsiparis terbaik tingkat Nasional yakni Bapak Zainuddin S.Ag. dan tata kelola keuangan oleh bapak Drs. Fajar Sidiq (kepala Bagian Keuangan) serta bapak Mukhyar (bagian umum keuangan).

    Acara oreintasi SEMA kali ini adalah acara Oreintasi lanjutan dari Part I yakni pada hari Minggu 13 Maret 2016 weeken kemaren dengan tema “Peran SEMA dalam Lembaga Kemahasiswaan di IAIN Antasari Banjarmasin. Perbedaannya ada pada pembicara dan konsep Acara. Pada Acara Oreintasi SEMA Part I pemateri adalah para Demisioner SEMA pada tahun lalu yakni Ahmad Azizi S.H.I.(Ketua SEMA Institut tahun lalu), Ahmad Dorajatun S.H.I. (Ketua Komisi II Legislasi SEMA Institut tahun lalu), serta Haspiani S.Th.I (Sekretaris Umum SEMA Institut tahun lalu). Dengan agenda silaturrahmi, Sharing, serta diskusi mengenai tugas, agenda perkomisi Sema  tahun lalu dan keorganisasian. Pada acara Part I tidak di hadiri orang-orang Rektorat dan tanpa mengundang seluruh SEMA Fakultas. Acara itu dikhususkan buat Pengurus SEMA periode 2016-2017 dengan Pengurus SEMA tahun lalu  dengan rangka kekeluargaan.

    Meskipun pada pagi hari bumi Antasari sempat diguyur hujan tetapi tidaklah membuat semangat para panitia sekaligus peserta oreintasi tidaklah surut.Buktinya mereka tetap berusaha datang tepat waktu untuk mempersiapkan acara.Dimulai dengan sambutan Ketua pelaksana yakni “Haris Fadhillah” (Sekretaris Komisi II Legislasi SEMA Institut 2016-2017), sambutan Ketua SEMA Institut 2016-1017 “Muhammad Maulidi”, kemudian Wakil rektor III IAIN Antasari.dalam sambutannya beliau mengatakan “Kepengurusan Sema baru berdiri dua tahun namun meskipun baru berdiri tapi tampak teratur danterorganisir”. Karena hasil dari perjuangan dan kesungguhan para pengurusnya terdahulu.SEMA terlihat sangat baik ketimbang organisasi yang lebih lama berdiri namun belum teratur Dan beliau berharap Sema menjadi contoh bagi seluruh organisasi di bawah Sema Institut. Karena apabila kita memulai sesuatu yang baik maka yang lain akan mengikutinya.

Pelatihan tentang administrasi ini sangat penting bagi siapapun yang menyibukkan diri dalam organisasi maupun instansi terkait. Karena jika kurangnya pengetahuan tentang administrasi dan pengelolaan tata keuangan maka semuanya akan kacau. Beliau juga menyampaikan mau tidak mau kita harus belajar tentang surat menyurat karena dimanapun pasti bertemu dengan surat. Pertama, jangan malu untuk bertanya banyak hal karena kalian adalah mahasiswa yang sudah dewasa dalam berpikir jadi tidak ada kata malu untuk belajar.jika terjadi kesalahan itu wajar karena kalian masih mahasiswa yang masih dalam tahap belajar. Kedua,belajar pengarsipan yakni pentingnya arsip, dan bagaimana pengarsipan yang benar seperti dukumen-dukumen penting, surat keluar, surat masuk dalam organisasi dan beliau juga menyarankan untuk dikumpulkan dalam sebuah folder khusus selama masa setahun sehingga kita dapat mengetahui, mengontrol dan melihat berapa kali agenda penting, tanggaldan hari seperti rapat, undangan, serta kegiatan organisasi lainnya dalam setahun secara rapi.

kemudian arsip proposal kegiatan dan laporan akhir kegiatanjuga harusdiarsipkan dalam dukumen baik hard copy maupun soft copy. Karena jika soft copy terkena virus hard copynya masih ada tidak hilang begitu saja.Pengarsipan itu mencakup Proposal kegiatan, laporan kegiatan, keuangannya, bagaimana pelaksanaan, serta kendala sewaktu kegiatan.Hal ini dilakukan agar adik-adik yang jadi pengurus Sema berikutnya bisa mencontoh laporan agenda kegiatan para pengurus Sema periode terdahulunya.Ketiga, Laporan keuangan dengan adanya managemen dan adminstrasi keuangan semuanya menjadi rapi dan dapat dipertanggungjawabkan karena uang anggaran itu dari negara.Maka beliauberharap banyak ketika aktivis IAIN Antasari yang ber-KKN bisa membikin program membantu masyarakat untuk mengelola keuangan agar anggaran desa itu selamat dan digunakan pada semestinya tidak untuk sembarangan.
 Beliau juga berpesan Apabila setelah mendapat bantuan diluar setelah mengajukan proposal maka mahasiswa wajib mengucapkan terima kasih secara tertulis kepada Instansi atau lembaga yang memberikan dana, karena hal ini adalah ciri-ciri masyarakat modern yaitu selalu menggunakan tulisan. Secara sahnya Hitam putih agar tulisan itu tetap ada.Karena jika kata-kata bisa hilang begitu saja. Hal ini Sebagai penghargaan terhadap oranglain dan agarorang yang memberikan dana tersebut merasa dihargai dan dihormati secara halus.

Wakil Rektor III juga menyampaikan “Fungsi SEMA Institut seperti anggota DPR”. Yakni Legislatif atau Legislasi yakni pertama membuat peraturan-peraturan berkenaan kemahasiswaan, serta pemilu. kedua pengawasan,Senat Mahasiswa mengawasi teman-teman yang ada di Dewan Eksekutif (DEMA) apakah mereka melaksanakan kegiatan sesuai yang diinginkan kita bersama sesuai peraturan atau melakukan penyimpangan dengan melakukan survei atau dialog terbuka dengan dema seperti yang diterapkan Ketua SEMA Institut tahun lalu (Ahmad Azizi S.H.I).maka dari itu Sema tahun ini diharapkan banyak membawa kemajuan dan perubahan kearah yang lebih baik bagi “Kampus Hijau” tercinta.karena persis seperti namanya yang diambil dari bahasa latin “Kabinet Reformator” yakni meneruskan perubahan dan perkembangan yang telah ada menjadi lebih maju dan lebih baik kedepannya. Sukses terus Senat Mahasiswa.(Hilal / LPM SUKMA)

Pages