Nilai C Akan Mendapat Kartu Merah di IAIN Antasari



BSukma-Belakangan ini mencuat isu mengenai ketidak berlakuan nilai C di perguruan Tinggi IAIN Antasari. Ini artinya bagi mahasiswa yang mendapatkan nilai C akan dinyatakan tidak lulus.
Saipudin Sabda selaku Wakil Rektor Satu bidang Akademik, menjelaskan  saat dimintai keterangan mengenai isu yang mencuat ini pada kamis (21/05) di ruang kerjanya. Jika hal itu (nilai C tidak lulus) merupakan suatu wacana yang ada di dalam buku Pedoman Proses Pembelajaran. Buku ini diterbitkan menyusul dilakukannya akreditas IAIN Antasari pada tanggal 11 dan 12 Mei beberapa waktu yang lalu. Apa yang tertera di dalam buku tersebut tidak sepenuhnya dapat terlaksana, karena masih perlu adanya musyawarah antar pihak terkait seperti para Dekan,  Dosen dan Ketua Jurusan. Apakah peniadaan nilai C itu akan disetujui atau tidak.  Jika disetujui maka akan diterapkan pada semeter depan. Rapat lanjutan untuk membahas peniadaan nilai C ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat.
Saipudin juga menambahkan jika hal ini dilakukan untuk mendongkrak akreditas IAIN Antasari. Selain itu bertujuan pula untuk  meningkatkan kualitas mahasiswa itu sendiri.  Apalagi di akhir tahun 2015 ini Indonesia akan memasuki pasar bebas atau Masyarkat Ekonomi Asean (MEA). Ketika pasar bebas ini telah diterapkan maka persaingan akan semakin ketat dalam dunia kerja. Oleh karena itu jebolan IAIN Antasari harus memiliki kualitas yang mumpuni  untuk menghadapi MEA.
(reporter MH  & MB)