Kamis, 30 April 2015

Pelatihan Konseling Melalui Pendekatan Experincial Learning



BSukma-Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan Lembaga Pelayanan Pelatihan Bimbingan Penyuluhan Islam atau yang lebih dikenal dengan (LP2BPI). mengadakan  Pelatihan dengan tema “Pelatihan Konseling Melalui Pendekatan Experincial Learning” di aula PSB Kamis, (30/04).Mahasiswa yang terhimpun dalam jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam dan lembaganya LP2BPI mengikuti pelatihan ini dengan antusias.

    Pelatihan ini langsung dipandu oleh Ibu Santi Kumala Sari ahli psikologi, tidak hanya pembekalan ilmu peserta juga diminta untuk langsung mempraktekkan materi yang disampaikan. Terlihat di sekitaran PSB peserta pelatihan masing-masing satu orang menanyakan masalah yang dihadapinya. Kemudian si pemateri menyimpulkan masalahnya dan memberikan solusi yang mungkin bisa dihadirkan terhadap masalah yang dihadapi peserta tadi.

    Saat diwawancarai, Najmuel Muttaqin, salah satu peserta pelatihan ini mengatakan dengan diadakannya pelatihan ini, ia lebih mengenal mahasiswa yang sejurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, pembekalan ilmu konseling, bagaimana kita bisa megetahui body language orang. “Kalau saya lihat mahasiswa jurusan BPI sebelum mengkonseling harus mempersiapkan mental, fisik dan materi, sekarang tahap persiapan materi (ilmu),  masih perlu latihan, menset kita hus berubah dan kita harus mempunyai tujuan hidup” ungkapnya.

    Raden Yani Gusriani, selaku ketua jurusan BPI mengatakan dari pelatihan ini diharapkan mahasiswa mempunyai korp konselur dan siap untuk mengkonseling orang. Pelatihan ini bertujuan agar mahasiswa memiliki ketertarikan dan pembekalan ilmu dan siap menjadi profesional dalam bidangnya. “Setelah pelatihan ini diharapkan nanti baik dosen dan mahasiswa di LP2BPI aktif mengkonseling para mahasiswa, nanti kami berikan pengumumannya lihat saja di LP2BPI didepan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, jadi siapa yang ingin konseling bisa langsung berhubungan dengan kami ”ungkapnya. (Reporter/ Rabi)

Jejak Redaksi

Labels