Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kontingen UKK Pramuka UIN Antasari Diterbangkan ke Gorontalo, Hadiri PWN PTK XVI 2023

 

Sumber foto: Istimewa


Sepuluh orang dari kontingen Unit Kegiatan Khusus (UKK) Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, mengikuti Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI 2023, berlangsung di IAIN Sultan Amai Gorontalo pada 20-26 Mei 2023.

Ketua Dewan Racana Pangeran Antasari, Ahmad Hamdani mengungkapkan kegiatan yang dilakukan disana berupa bakti fisik, bakti non fisik, dan kegiatan non bakti.

"Bakti fisik terdiri dari bersih-bersih atau renovasi rumah ibadah, penanaman pohon, dan permainan rakyat. Bakti non fisik berupa pramuka mengajar dan sharing kepramukaan. Non bakti yaitu pembinaan yang sifatnya penyampaian materi seperti bela negara, kewirausahaan, marketing, dan kepramukaan," jelasnya.

Berdasarkan informasi dari Instagram resmi UIN Antasari, kontingen juga menampilkan makanan khas Banjar berupa Soto Banjar pada ajang Festival Kuliner Nusantara PWN PTK XVI 2023, dan meraih penghargaan Kuliner Terbaik.

Hamdani menceritakan pengalamannya pada saat kegiatan, mereka tinggal di satu rumah warga selama tiga hari dengan kontingen lainnya. Mereka merasakan keramahan dan melihat langsung kebudayaan warga lokal.

"Terlebihnya kami tinggal satu rumah dengan orang yang berbeda suku, ras maupun agama. Di sana kami bertukar cerita tentang kebudayaan masing-masing," ungkapnya.

Irpan, salah satu anggota kontingen mengungkapkan perasaannya telah mengikuti perkemahan.

"Untuk kegiatan ini sangatlah menarik, karena sebagai sarana bertemunya beberapa kontingan dari Sabang sampai Merauke dan menambah jangkauan relasi pertemanan," ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi semi studi banding, karena mereka kerap berdiskusi dengan sesama kontingen dari penjuru tanah air.

"Anggap saja semi studi banding, karena kami sering berdiskusi dengan berbagai macam anggota pramuka seluruh Indonesia, kami menerapkan apa yang baik dari mereka untuk UKK Pramuka UIN Antasari maupun sebaliknya," harapnya.

Rep: Rzq & Ny
Editor: Langay

Posting Komentar untuk "Kontingen UKK Pramuka UIN Antasari Diterbangkan ke Gorontalo, Hadiri PWN PTK XVI 2023"