Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelajari Ilmu Agama-Agama Didunia, HMJ SAA Kunjungi Vihara Buddhayana


Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Studi Agama-Agama (SAA) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin mengadakan kegiatan rutinan berupa "Kunjungan Tempat Ibadah", dan kali ini tujuannya yaitu ke Vihara Buddhayana Banjarmasin, di Jalan Veteran, Sabtu (12/11) pagi.

Sebelumnya, HMJ SAA sudah mengunjungi beberapa tempat ibadah seperti Pura Agung Jagat Natha, Kelenteng Soetji Nurani, Gereja Kalimantan Evangelish Eppata Banjarmasin. Dan ini merupakan kunjungan yang keempat. 

Kunjungan disambut dengan hangat oleh Romo Sarhi, selaku Dharma Duta sekaligus pembicara yang mengenalkan buddhaisme kepada mayoritas mahasiswa(i) SAA yang berhadir. 

"Sama halnya agama lain, agama buddha juga memiliki simbol, yaitu patung buddha rupang. Patung itu memiliki makna jika diletakkan pada tempatnya,"ucapnya. 

Lebih dalam, Romo Sarhi memaparkan arti agama Buddha, yang mana ia menjelaskan bahwa buddha bukanlah nama diri, buddha artinya orang yang sudah sadar.

"Ketika kita belum mengerti, setelah itu mengerti, itu namanya Buddha kecil. Dan ada pencerahan sempurna. Empat tahap menuju pencerahan sempurna sebagai seorang Arahat,"pungkasnya. 

Setelah pengenalan agama buddha melalui pemaparan sang Dharma Duta. Adapun para pengunjung diajak melihat patung rupang, beserta kitab-kitabnya. Seraya mengetuk muy, Romo Sarhi menjelaskan bahwa itu cara mereka berdzikir kepada Buddha.

"Dengan Melantunkan "Amitofo" sebanyak 108 kali,"tuturnya.

Deryyan Maulana, selaku Ketua Umum HMJ SAA mengatakan bahwa dengan adanya kunjungan kali ini, yaitu untuk memberikan sebuah gambaran, bahwasanya kita sebagai mahasiswa, bukan hanya dituntut untuk kritis, intelektual, dan selalu berinovasi.

"Tapi kita juga melihat betapa pentingnya nila-nilai menghargai sebuah perbedaan, karena kita tidak bisa menutupi krisis moral pada saat ini, yang dialami oleh orang sekitar. Bahkan, orang terpelajar sekali pun, yang melihat sebuah perbedaan itu sebagai sesuatu yang negatif,"jelasnya. 

Ia juga berharap, dengan adanya kegiatan kali ini, semoga para mahasiswa mampu mengambil nilai positifnya dan dapat mengimplementasikannya dengan baik. 

"Agar terciptanya kerukunan antar umat beragama, tanpa harus membedakan satu sama lainnya,"harapnya.

Rep: Marsupilami

Posting Komentar untuk "Pelajari Ilmu Agama-Agama Didunia, HMJ SAA Kunjungi Vihara Buddhayana"