Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahamkan Tugas DPRD Dalam Pembangunan Daerah, SEMA-U Impresif Melalui Seminar Legislatif


 

Senat Mahasiswa (SEMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin menggelar Seminar Legislatif tingkat Nasional mengusung tema "Peran DPRD Dalam Pembangunan daerah", yang bertempat di Auditorium Mastur Jahri, Sabtu (26/11) siang.


Seminar legislatif yang dihadiri oleh berbagai kalangan tamu undangan, dimulai dari berbagai Universitas, tercatat kurang lebih 100 orang peserta yang turut memberikan makna dalam seminar tersebut. 


Tak hanya itu, seminar legislatif ini dihadiri oleh narasumber-narasumber yang sangat luar biasa seperti Hormansyah, Selaku Wakil Ketua PWNU Kalsel, Heri Armanto S, Selaku Kepala BIN daerah Kalimantan Selatan (Bina Kalsel), Syamsul Bahri, Selaku Staf Ahli, dan Arifin Noor, Selaku Wakil Walikota Banjarmasin.


Hormansyah, dalam pemaparan materinya menjelaskan bahwa, sebagai seorang dewan itu harus berbicara dalam segala hal, jangan tinggal datang, duduk, diam. Kemudian, mendapat uang saja. Namun, harus selalu berbicara dan membela hak rakyat. 


"Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) atau biasa disebut parlemen, apa itu perlemen? kalau dari bahasa inggris "parler" artinya berbicara atau bahasa kita nya bepander. "Men" nya itu laki-laki atau manusia. Jadi,  artinya manusia yang bepander,"jelasnya. 


M Refky Ramadan, Selaku Ketua Organizing Committee (OC) mengungkapkan bahwa tujuan dilaksanakannya seminar ini, agar mahasiswa secara keseluruhan terpancing untuk diskusi, berpendapat dan bertukar pikiran. Sehingga paham akan apa yang dikerjakan oleh DPRD dalam pembangunan daerah sendiri. 


"Untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, pendapat, motivasi, atau inovasi kepada peserta seminar. Juga, memberi pengetahuan tentang kerjanya DPRD dan bagaimana kebijakan-kebijakan DPRD dalam membangun daerah,"pungkasnya. 


Dengan itu, ia juga berharap setelah adanya seminar ini agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami segala peran dan kebijakan DPRD.


"Supaya kita itu tahu, bagaimana sih mereka itu membangun suatu daerah itu dengan baik, dengan bijaksana tanpa mengharuskan kita itu seperti turun aksi,"tutupnya.


Rep: Assyuja'

Editor: Marsupilami

1 komentar untuk "Pahamkan Tugas DPRD Dalam Pembangunan Daerah, SEMA-U Impresif Melalui Seminar Legislatif"