Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rayakan Hari Sumpah Pemuda, DEMA Beserta FKPS Gelar Seni Pinggiran

Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda ke-92, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Pekerja Seni (FKPS) se-UIN Antasari Banjarmasin untuk pementasan Seni Pinggiran (Siping) yang dihelat di depan Gedung Auditorium Mastur Jahri, pada jumat (28/10) sore.

 

FKPS sendiri terdiri dari seluruh Organisasi Kesenian di UIN Antasari Banjarmasin meliputi Sanggar Musik, Sanggar Bahana, Sanggar Kereta, Teater Awan, Sanggar Legenda, Sanggar Tasmaq An-Nida, Sanggar At-Ta'dib, dan Stasiun Seni.

 

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 16.30 hingga 17.45 WITA ini diisi berbagai penampilan seperti Musikalisasi Puisi, Pantomim, Musik, dan ditutup dengan pembacaan ikrar Sumpah Pemuda.

 

Adapun tujuan kegiatan, menurut Iqbal selaku Penanggung Jawab (PJ), memang bermaksud untuk memperkenalkan berbagai Sanggar di tingkat Universitas ataupun Fakultas.

“Tapi juga hendak memberi tahu ke semua yang tidak terlalu tahu kesenian, bahwa kami para seni juga ada di UIN Antasari. Bukan hanya orang-orang penghafal Qur’an atau sibuk dengan segala macam akademiknya,” tuturnya.

 

Meski dihadiri sekitar 40 peserta, Anggota Sanggar Musik tersebut juga memaparkan bahwa target yang ia harapkan sebenarnya para mahasiswa baru (Maba).

"Sejujurnya kalau target peserta dari saya pribadi adalah Maba atau juga mahasiswa yang tidak berorganisasi,” ucapnya. 

 

Yogi ilmawan selaku Presiden Mahasiswa (Presma), menyebut alasan diambilnya penyelenggaraan seni dalam memeriahkan hari Sumpah Pemuda agar mendapatkan suasana yang lebih ceria.

"Karena ini momentumnya supaya lebih meriah dan ceria lagi, karena kami pandang hari ini kita aplikasikan dengan kesenian lantas kita bergembira di sini dan coba memicu semangat-semangat mahasiswa atau semangat-semangat pemuda,” paparnya.

 

Muhammad Sabrian salah seorang dari Teater Awan mengungkapakan rasa bahagianya atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Dan Alhamdulillah sekarang dari bagian DEMA Universitas meadakan hal posistif seperti ini, artinya terdapat apresiasi seni untuk para penggiat seni khususnya lagi di UIN Antasari Banjarmasin," pungkasnya.


Rep: Assyuja'

Editor: Marsupilami

Posting Komentar untuk "Rayakan Hari Sumpah Pemuda, DEMA Beserta FKPS Gelar Seni Pinggiran"