Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Income Meroket Drastis, KOPMA Raih Peningkatan 20% Di Era PBAK


Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin merupakan salah satu Unit Kegiatan Khusus (UKK) yang kecipratan dampak positif dari kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Antasari 2022 yang dimulai dari tanggal 17 Agustus - 3 September. 


Letak KOPMA UIN Antasari yang strategis juga mejadi salah satu faktor tempat ini ramai dikunjungi, sehingga dijadikan mahasiswa sebagai opsi utama untuk berbelanja di kampus. Menyadari akan hal ini, pengurus KOPMA UIN Antasari berupaya untuk memenuhi barang-barang konsumen. 


Muhammad Al’Ayubi, sebagai Ketua Umum dari KOPMA UIN Antasari mengatakan bahwa pada bulan Agustus atau selama berlangsungnya acara PBAK, income KOPMA  meroket dengan signifikan dari beberapa bulan sebelumnya. 


“Karena sebelumnya perkuliahan masih dalam masa libur, sehingga income-nya lumayan sepi. Jadi pada bulan Agustus ini untuk income bisa dibilang signifikan dan cukup drastis, karena di acara PBAK ada mahasiswa baru, panitia, serta pengurus dari pejabat rektorat, mereka belanja di sini,"pungkasnya. 


Menurut riset yang Tim Sukma dapat dari KOPMA UIN Antasari, peningkatan income hampir mencapai 20% pada bulan Agustus, yang mana ini melebihi angka yang ditargetkan pada tiap bulannya yaitu 10%. Dan pada masa pandemi tahun 2020-2022 KOPMA UIN Antasari tidak ada sama sekali menjual barang konsumsi, sehingga tidak ada pemasukan yang cukup krusial. 


Ketua Bidang Operasional Unit Usaha KOPMA UIN Antasari, Nurlini mengungkapkan bahwa pada bulan Agustus ini pula persediaan barang diperbanyak.


"Perbandingan di bulan Agustus dan bulan sebelumnya, kalau di bulan Agustus persediaan barang lebih banyak, karena kita lihat juga dari pengunjungnya yang banyak.  Mahasiswa banyak beraktifitas di bulan Agustus,"ungkapnya. 


Claudia, selaku mahasiswa baru Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) mengatakan alasannya ketika memilih berbelanja di KOPMA UIN Antasari. 


"Lebih mudah aksesnya, terus nyaman aja tinggal ambil, kan sudah banyak tu yang diperlukan, harganya juga lumayan terjangkau,"ucapnya saat diwawancarai setelah berbelanja. 


Hal serupa juga diucapkan oleh Fia, mahasiswa baru Fakultas Syariah (FASYA)  yang senang berbelanja di KOPMA. 


“Aksesnya dekat dari Fakultas dan Auditorium, harganya juga sama aja kayak di pasaran,”tuturnya. 


Rep: Binar 

Editor: Marsupilami

Posting Komentar untuk "Income Meroket Drastis, KOPMA Raih Peningkatan 20% Di Era PBAK"