Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencetak Generasi Rabbani, LPPQ Selenggarakan Pelatihan Tilawah

 



Lembaga Pengajian dan Pengkajian Al-Qur'an (LPPQ) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin menggelar Closing Ceremony kegiatan Rumah Kafilah Tilawati Qur'an (RKTQ) bertajuk "Mencetak Generasi Rabbani Melalui Senandung Tilawah Al-Qur'an", di Gedung Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Banjarmasin, Minggu (07/08) pagi.


Kegiatan ini berlangsung dari 4 - 7 Agustus 2022 dengan rangkaian acara yang terdiri dari pemaparan materi di Aula Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Banjarmasin, halaqah bertempat di Gedung Pramuka Kota Banjarmasin, dan pelatihan vokal dan pernafasan di Kolam Renang Gelanggang.


Closing Ceremony ini berlangsung dengan khidmat mulai dari sambutan-sambutan, prosesi wisuda para peserta, hingga Haflah Tilawatil Qur'an dan penampilan dari peserta maupun panitia. Kemudian kegiatan ini diakhiri dengan pengumuman peserta terbaik dan foto bersama.


Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Irfan Noor, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan LPPQ ini karena menyalurkan minat dan bakat peserta di bidang tilawah Al-Qur'an.


"Saya mengapresiasi karena positif dalam artian memberikan sarana pengembangan bakat minat peserta bidang tilawah Al-Qur'an dan tanggung jawab kita sebagai umat Islam,"ujarnya.


Muhammad Faqih Mukaddam, selaku Ketua Pelaksana, mengatakan bahwa peserta berasal dari dalam hingga luar Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan target peserta dari kesepakatan panitia sendiri yaitu dari usia 13 - 23 tahun.


"Peserta ada yang dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur dan Tengah," tuturnya.


Ketua Umum LPPQ, Muhammad Syarifuddin Adnan, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk mengenalkan tilawah pada generasi muda sekarang.


"Kami ingin mendapatkan kebermanfaatan bagi orang-orang yang ingin belajar Al-Qur'an khususnya tilawah dan mengenal apa sih itu tilawah serta untuk mencetak generasi para qori dan qoriah," jelasnya.


Adnan berharap agar setelah acara selesai para peserta dapat terus melanjutkan pelatihannya hingga membawa nama baik orang tua dan masyarakat.


"Setelah agenda dilaksanakan peserta tetap giat untuk berlatih dengan guru dan menjadi qori yang membanggakan orang tua dan masyarakat," harapnya.


Reporter : Langay

Editor      : Marsupilami

Posting Komentar untuk "Mencetak Generasi Rabbani, LPPQ Selenggarakan Pelatihan Tilawah"