Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Mahasiswi UIN Antasari Ikuti KKN Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama Jayapura-Papua


Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin melaksanakan pelepasan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama (KNMB) Papua-Jayapura, di Aula Jaferi Zam-Zam Rektorat Lantai III pada Jumat, (15/07) pagi.


Perwakilan UIN Antasari Banjarmasin untuk melakukan KKN yang diselenggarakan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua ini yaitu Rizkia Amalia, mahasiswi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) jurusan Manajemen Dakwah (MD) dan Duratun Nafisah, mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUH) jurusan Akidah dan Filsafat Islam (AFI).


Dua mahasiswi tersebut akan diterbangkan ke Papua dengan waktu tempuh kurang lebih 8 jam pada 16 Juli 2022 besok.


Ketua LP2M, Muhammad Zainal Abidin, dalam sambutannya mengatakan terdapat 8 mahasiswa/i yang mendaftar dari seluruh fakultas, tetapi dengan berbagai macam tes dan persyaratan hanya 2 mahasiswi lolos seleksi. Adapun persyaratannya yaitu aktivis, belum menikah, sehat jasmani dan rohani, mampu membuat karya tulis, dan lain-lain.


“Masing-masing fakultas mengirimkan mahasiswanya, yang mendaftar ada 8 orang. Ada banyak yang berminat tapi belum memenuhi persyaratan dan terkendala izin orang tua,”ujarnya.


Rektor UIN Antasari Mujiburrahman, dalam sambutannya berharap dengan KKN KNMB ini UIN dapat meluaskan ikatan tali silaturahminya hingga ke mancanegara.


“Kita bisa melakukan ekspansi lebih jauh tidak hanya di Asia Tenggara atau di Asia tetapi sampai ke negara yang lebih jauh misalnya Arab Saudi,”harapnya.


Rizkia Amalia, sebagai salah satu mahasiswi terpilih, mengungkapkan bahwa dirinya ingin belajar mengenai penerapan toleransi yang ada di Papua.


“Lebih pengen banyak belajar dan tau gimana sih toleransi disana karena kan memang tempat yang jauh. Dari awal menanamkan mindset positif vibes, gamau ngedengerin kata-kata orang bahwa di sananya gimana,”jelasnya.


Selain itu, peserta KKN lainnya, Duratun Nafisah berharap dapat mengharumkan nama UIN Antasari Banjarmasin dan memberikan manfaat kepada lingkungan yang nantinya akan menjadi tempat KKN.


“Harapan saya mengharumkan nama UIN Antasari Banjarmasin dan bisa memberikan berbagai ilmu di sana nantinya dan pulang pergi selamat, serta menambah wawasan di kampung orang,”tuturnya.


Reporter : Binar & Langay

Editor      : Marsupilami

Posting Komentar untuk "Dua Mahasiswi UIN Antasari Ikuti KKN Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama Jayapura-Papua"