Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelantikan Akbar Terkesan Molor, Ketua KPM-U: Sesuai Kesepakatan, Kami Adakan Usai Lebaran



Tertanggal pada 9 April 2022, Komisi Pemilihan Mahasiswa Universitas (KPM-U) mengumumkan Ketua Umum Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) di akun Instagram @kpmuantasari2022. Namun begitu, sampai saat ini belum terdapat informasi mengenai pelaksanaan Pelantikan Akbar.


Molornya Pelantikan Akbar tahun ini, dikarenakan pengajuan Surat Keputusan (SK) yang belum bisa diterima pihak Rektorat, akibat harus menunggu struktur jajaran kepengurusan DEMA-U dan SEMA-U tercukupi. 


Ketua Umum KPM-U, Zainal Ilmi menegaskan, bahwa sebab molornya Pelantikan sebenarnya dikarenakan pihak KPM-U masih dalam pengajuan SK dan meminta struktur jajaran dari pihak DEMA-U juga SEMA-U.

"Sebenarnya kami mau cepat, tapi karena struktur SEMA kemarin belum cukup, maka dibutuhkan waktu beberapa minggu untuk menarik anggota masuk ke dalam struktur," tegasnya, Rabu (27/04).


Zainal kemudian melanjutkan, bahwa pihaknya telah mengadakan rapat dan memutuskan untuk melaksanakan Pelantikan Akbar setelah lebaran.

 "Untuk struktur saat ini sudah tercukupi, kami tinggal mengajukan ke pihak Rektorat. Setelah diterima, baru kita bisa pelantikan. Kemaren kami mengadakan rapat juga dengan Bapak Irfan, selaku Wakil Rektor lll dan sesuai kesepakatan, maka setelah lebaran baru kami mengadakan pelantikan," terangnya.


Adapun tanggalnya, Pihak KPM-U belum bisa memastikan kapan pelantikan dilaksanakan, karena pihak Rektorat belum menerima surat yang diajukan oleh KPM-U. Namun pihak KPM-U memberikan sedikit bocoran mengenai tempat dan siapa saja yang akan menghadiri Pelantikan Akbar.

"Jadi, kami belum bisa memastikan tanggalnya. Untuk lokasi nanti di Aula Jafri Zam-Zam dan yang menghadiri di pelantikan offline adalah masing-masing yang dilantik (DEMA-U dan SEMA-U), Wakil Dekan masing-masing fakultas, dan untuk pihak UKK dan UKM, termasuk Ketua dan Wakil Ketua serta anggotanya menghadiri secara online," jelasnya.


Komandan Resimen Mahasiswa (MENWA) Satuan 602 Antasari, Sarifah turut berpendapat bahwa Pelantikan Akbar tahun sebelumnya cukup berbeda, yang mana tidak terdapat kendala seperti tahun ini. 

"Sepengetahuan saya tahun kemarin itu tidak molor waktunya. Pembentukan KPM-U, Pemilwa, dan Pelantikan tepat waktu tahun tadi. Tapi mungkin tahun ini karena waktunya mepet dengan bulan puasa. Bukannya saya menyalahkan bulan suci, tapi tahun ini saja pembentukan kpm-nya 2 bulan lebih di awal,"ucapnya, Kamis (28/04).


Ia juga menambahkan bahwa molornya Pelantikan tahun ini berdampak pada UKK/UKM yang juga ingin segera bergabung dengan Ketua DEMA yang baru. Besar harapan Ketua DEMA sekarang dapat memberikan contoh dan ruang kepada UKK/UKM agar Gedung Student Center (SC) dapat hidup kembali. 

"Jadi kalau misalkan sudah dilantik, harapannya itu agar nantinya SC itu ramai dan juga bisa bersilaturahmi antar UKK/UKM. Namun dari DEMA dulu sih yang  memberikan contoh, makanya harus cepat-cepat dilantik ya kan, supaya membawa perubahan, membuka diri supaya kita bisa memberi saran, kritikan dan sebagainya karna kita satu UIN," tambahnya. 


Di samping itu, masih banyak yang bertanya-tanya perihal Pelantikan Akbar, salah satunya Ketua Umum Sanggar Musik Antasari, Muhammad Najmi mengaku bahwa dirinya tidak mendapatkan informasi terkait Pelantikan Akbar.

"Kalau untuk Pelantikan Akbar, jujur kurang mengetahui. Cuma kemarin sempat bertanya-tanya juga perihal pelantikan, karena kami baru habis pergantian periode dan akan pelantikan pengurus," ujarnya.


Reporter : Az-Zeinoe

Editor      : Marsupilami


Posting Komentar untuk "Pelantikan Akbar Terkesan Molor, Ketua KPM-U: Sesuai Kesepakatan, Kami Adakan Usai Lebaran"