Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KKN DR Tak Kunjung Dimulai, Ketua LP2M: Semua Sudah Siap, Hanya Tunggu Waktu Pelaksanaan Saja

Waktu pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata secara Daring (KKN DR) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari tahun 2022 sampai saat ini tidak kunjung mendapat titik kejelasan. Hal ini terlihat dari banyaknya komentar di postingan Instagram @lp2m.uinantasaribjm yang diduga sebagian besar adalah pendaftar, mempertanyakan kapan KKN DR akan dilaksanakan.


Terkait hal ini, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Zainal Abidin memberi pernyataan bahwasanya KKN DR tertunda karena saat ini fokus kerja LP2M tertuju pada KKN reguler-tematik.

"Sementara fokus kepada KKN reguler-tematik, karena melibatkan banyak elemen masyarakat. Secara waktu memang dilaksanakan lebih belakangan dari KKN reguler. KKN DR karena banyak menggunakan media sosial, maka perlu juga disiapkan supervisor yang update terhadap perkembangan medsos, ini biasanya dari dosen-dosen yang relatif muda," tuturnya pada wawancara via Whatsapps, Jum'at (08/04).


Zainal kemudian menambahkan bahwa semua hal telah disiapkan dan hanya menunggu waktu pelaksanaan.

"18 April sudah mulai pelaksanaannya sampai 18 Juni 2022, itu waktu yang direncanakan oleh panitia, nanti akan dirilis resminya di IG dan website LP2M. Insya Allah senin ada rapat internal dahulu, kalau sudah fix semua baru diumumkan. Semoga sesuai dengan rencana," jelasnya.


Salah satu pendaftar KKN DR yang juga turut bersuara di kolom komentar instagram, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan  bahwa ia harus menunggu cukup lama terkait pelaksanaan KKN DR.

"Kami merasa Mahasiswa yang melaksanakan KKN DR ini kurang diprioritaskan, LP2M hanya sibuk dengan KKN reguler. Dan wacananya kami akan melaksanakan KKN sekitar 2 atau 3 bulan, apakah hal tersebut tidak membuang waktu bagi kami?," ujarnya saat diwawancarai melalui Direct Message (DM).


Ia juga berkata bahwa beberapa temannya perlu secepatnya melaksanakan KKN DR, karena banyak dari mereka sudah menikah dan ingin untuk lekas dapat wisuda.

"Kami rata-rata angkatan 2017, teman saya ada yang sedang hamil 8 bulan dan sangat menunggu KKN ini, karena ingin melakukannya sebelum lahiran. Maka dari itu saya berharap KKN DR agar secepatnya dilaksanakan," tambahnya.


Senada dengan itu, Hadyan Mahasiswa yang juga mendaftarkan diri pada KKN DR, juga mengeluhkan beberapa hal yang sama.

"Tidak ada ketetapan tanggal untuk KKN DR dari awal, yang ada jadwalnya hanya KKN Tematik," ucapnya.


Ia juga berharap agar LP2M segera memberi kejelasan terkait jadwal dimulainya pelaksanaan KKN DR.

"Tidak masalah sebenarnya. Hanya saja kapan dimulainya pelaksanaaan KKN DR sampai saat ini belum ada kepastian," pungkasnya.


Rep: Tersi

Editor: Marsupilami

Posting Komentar untuk "KKN DR Tak Kunjung Dimulai, Ketua LP2M: Semua Sudah Siap, Hanya Tunggu Waktu Pelaksanaan Saja"