Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Antasari Mengabdi, Sebagai Sarana Aktualisasi Ilmu

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin telah melaksanakan pengabdian masyarakat, di Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, pada Minggu (30/01). 


Adapun alasan utama memilih desa ini sebagai tempat dilaksanakannya pengabdian masyarakat karena perbedaan yang dirasakan dengan mereka yang hidup di perkotaan. Kehidupan di sana rukun tanpa adanya perselisihan, dan budaya yang masih sangat kental. Selain itu banyak objek wisata yang perlu untuk dikenalkan agar terkelola dengan baik dan juga sebagai media pembelajaran. 


Dalam pengabdian masyarakat kali ini, jumlah keseluruhan partisipan yang ikut yakni 48 orang 50% dari anggota DEMA dan 50% dari volunteer, dengan keseluruhan partisipan yang ikut, mereka mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat setempat.

"Kami selalu dibantu oleh warga di sana dalam berkegiatan, jadi ketika kami berkegiatan kami selalu bekerja sama dengan warga di sana, contohnya ketika kami membuat lapangan olahraga, warga di sana juga ikut membantu membuat,” tutur Mursyidul Amin selaku Ketua Pelaksana. 


Ia juga mengaku kegiatan tersebut berjalan dengan lancar atas bantuan dari warga setempat.

“Bahkan kami selalu berkolaborasi dengan warga dan anak anak di sana, itu sangat memudahkan kami," imbuhnya. 


Ilham selaku Ketua Umum DEMA UIN Antasari, mengatakan bahwa tujuan pengabdian masyarakat ini ialah sebagai sarana aktualisasi ilmu dan pengalaman di organisasi yang didapat, dan membuka ruang bagi siapa saja yang memiliki jiwa sosial untuk ikut di pengabdian masyarakat ini.

"Berbaur dengan masyarakat, ikut serta dalam acara adat, membuka objek wisata baru yang sekaligus juga membantu perekonomian desa," ujarnya. 


Terakhir, ia juga menyampaikan harapan ke depannya terkait pengabdian masyarakat, yaitu dapat menjadi wadah mengajar maupun belajar bagi para mahasiswa.

"Juga bagi kawan-kawan yang melaksanakan pengabdian masyarakat di akhir kepengurusan ini, mudah-mudahan kegiatan ini bisa dipertahankan setiap tahunnya,” pungkasnya.


Rep: Hs

Editor: Lanjit

Posting Komentar untuk "Antasari Mengabdi, Sebagai Sarana Aktualisasi Ilmu"