Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemulihan Pelaksanaan Kegiatan Tatap Muka di Student Center akan Dilaksanakan Secara Bertahap Hingga Full Operational

Sejak pandemi Covid-19, berbagai bentuk kegiatan yang melibatkan orang banyak dibatasi, tak terkecuali kegiatan pembelajaran di kampus. Hal ini juga berlaku untuk kegiatan Organisasi Mahasiswa (Ormawa), seperti melakukan kegiatan berkumpul di Student Center (SC). 


Beberapa waktu yang lalu, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin melakukan komunikasi langsung dengan Wakil Rektor III tentang izin kegiatan Ormawa di kampus. Hingga keluar Surat Edaran No: B-1659/Un.14/II.1/PP.00.9/12/2021 Tentang Pedoman Penggunaan Student Center Secara Tatap Muka pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis PPKM di Lingkungan UIN Antasari Banjarmasin. 


Arbani selaku Wakil Presiden Mahasiswa (Presma), melalui wawancara pada Jum'at (24/12), mengungkapkan bahwa jadwal yang sebelumnya dibuat oleh DEMA tidak lagi diberlakukan karena sudah mendapat surat edaran pemakaian SC dari birokrasi secara resmi.

"Mengikuti edaran yang ada. Jadi kawan-kawan dapat ke SC sesuai jadwal yang diatur di edaran yang terbaru tentang pedoman penggunaan SC secara tatap muka. Edaran ini juga berlaku bagi UKM/UKK yang sekrenya tidak di SC," ucap Arbani. 


Arbani melanjutkan untuk kegiatan di luar SC tepatnya di sekitar lingkungan kampus, mengikuti edaran dari Wakil Rektor III No: B-1610/Un.14/II.1/PP.00.9/12/2022 Tentang Pedoman Kegiatan Kemahasiswaan Secara Tatap Muka pada masa Pandemi Covid-19 Berbasis PPKM di Lingkungan UIN Antasari Banjarmasin.

"Sementara untuk kegiatan di luar SC, baik dalam ruangan maupun di lapangan mengikuti edaran Wakil Rektor III yang pertama tentang pedoman kegiatan kemahasiswaan secara tatap muka berbasis PPKM di masa pandemi Covid-19," jelasnya. 


Ia juga menambahkan bahwa kegiatan di SC ini hanya sebagai simulasi yang kemudian akan dievaluasi kembali. 

"Yang jelas ini sebagai simulasi saja. Nanti akan dievaluasi. Mudah-mudahan bisa semakin dilonggarkan," tutupnya. 


Irfan Noor selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, membenarkan pernyataan Arbani mengenai kegiataan SC saat ini hanya sebatas simulasi, karena pelaksanaan kegiatan tatap muka harus dilakukan secara bertahap.

"Iya, itu adalah uji coba dulu, karena kita ini kan bertahap untuk tatap muka," ujarnya pada Senin, (10/01) siang. 


Lebih lanjut, ia juga menerangkan bahwa semester mendatang kampus biru memiliki peluang untuk dapat melaksanakan kegiatan tatap muka secara full operational.

"Semester depan ini kemungkinan besar akan dibuka, jika melihat dari surat edaran Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) itu sudah dibuka dan diedarkan untuk full operational. Jadi kita menunggu saja edarannya dari Menteri Agama yang kemungkinan sama karena tidak mungkin berbeda," papar pria yang beberapa waktu lalu dilantik menjadi Wakil Rektor III terbaru. 


Berkaitan tentang dimulainya babak baru dalam pelaksanaan kegiatan tatap muka secara full operational di UIN Antasari, Irfan mengatakan hanya tinggal menunggu Surat Edaran dari Menteri Agama.

"Jika surat dari Ristekdikti sudah diafirmasi oleh Menteri Agama, maka kita akan berani merapatkan," pungkasnya.


Rep: Rintik

Editor: Lanjit

Posting Komentar untuk "Pemulihan Pelaksanaan Kegiatan Tatap Muka di Student Center akan Dilaksanakan Secara Bertahap Hingga Full Operational"