Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dilaksanakan Secara Perdana, Lima Cabang Lomba Semarakkan FTK Cup

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) menggelar lomba secara perdana yang bernama FTK Cup, dengan mengangkat tema “Mengembangkan Semangat Olahraga Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Guna Terciptanya Sportifitas dan Kompetensi”, berlangsung di berbagai lapangan olahraga di Banjarmasin, selama lima hari mulai Sabtu-Kamis, (25-30/12). 


Diketahui, FTK Cup terdiri dari 5 cabang lomba diantaranya Volly yang dilaksanakan di lapangan Gatot Subroto, Futsal di Upik Futsal Banua Anyar, Badminton di lapangan Zamrud Jl. Pramuka, Lari di stadion SKB Mulawarman, dan E-Sport yang digelar secara online. Dengan 500 peserta yang mengikuti seluruh cabang lomba. 


Alpiannor, mengatakan bahwa FTK Cup berguna untuk membangkitkan jiwa kompetitif dan sportifitas terkhusus di bidang olahraga bagi mahasiswa FTK.

"Kami juga menghendaki dengan adanya acara ini bisa menjadi wadah untuk mahasiswa FTK mengembangkan minat dan bakatnya di bidang olahraga. Karena seperti yang kita tahu di FTK hari ini masih kurang wadah untuk itu," jelasnya selaku Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FTK, pada Senin (27/12) malam lalu. 


Berdasarkan pemaparannya, pergelaran FTK Cup kali ini menerapkan sistem gugur, sesuai dengan skema yang telah ditetapkan.

"Untuk sistem penyisihannya ini kami memainkan sistem gugur yang mana setiap perwakilan dari jurusannya mengambil nomor mainnya yang akan kami buatkan skema mainnya," ujar Alpiannor. 


Adapun jika terdapat jurusan yang tidak mengirimkan perwakilan maka dianggap gugur, dan jurusan dengan nomor urut setelahnya otomatis lanjut ke babak berikutnya tanpa ada pertandingan.

"Untuk tim yang tidak mengirimkan perwakilannya maka kami anggap bye dan tim yang satunya bisa lanjut ke tahap selanjutnya tanpa ada pertandingan atau permainan," jelasnya. 


Terkait pengumuman seluruh cabang lomba FTK Cup akan dilaksanakan pada 30 Desember 2021, sekaligus penampilan-penampilan dari mahasiswa FTK untuk memeriahkan malam puncak. 


Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga DEMA FTK ini juga berharap agar FTK Cup dapat menjadi agenda berlanjut ke tahun-tahun berikutnya.

"Saya juga berharap kegiatan ini menjadi kegiatan agenda rutin yang di adakan setiap tahun ke depannya," pungkasnya. 


Di kesempatan yang sama, Muhammad Iqbal selaku Ketua Umum DEMA FTK juga berharap dengan adanya FTK Cup ini dapat melahirkan bibit-bibit atlet terbaik dan bisa memantik kembali gairah berkompetisi bagi seluruh mahasiswa FTK.

"Dan terakhir karena output dari FTK cup ini nantinya untuk mengisi organisasi keolahragaan di FTK yakni SPARTA, maka kami sangat berharap semoga SPARTA nantinya bisa menjadi organisasi yg bermanfaat untuk fakultas, universitas dan masyarakat," ungkapnya.


Rep: Krayon

Editor: Lanjit

Posting Komentar untuk "Dilaksanakan Secara Perdana, Lima Cabang Lomba Semarakkan FTK Cup"