Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KKN Tematik Se-Kecamatan Halong Selenggarakan Khitanan Massal, Wakil Bupati Balangan Berikan Apresiasi

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tahap 2 UIN Antasari Banjarmasin se-Kecamatan Halong menyelenggarakan Khitanan Massal di UPT Puskesmas Uren, Kamis (14/10) pagi. 


Khitanan Massal melibatkan kolaborasi dari berbagai desa, seperti Desa Ma'uya, Uren, Mantuyan, Binuang Santang, Mamantang, Mamigang, Marajai, Tabuan, Palapi dan Itis. Tercatat ada sekitar 85 orang yang mendaftar dan dihadiri oleh 51 orang ketika acara berlangsung.


Siti Mukhalafatun dari KKN Desa Ma'uya selaku Ketua Pelaksana, mengatakan acara Khinatan Massal diinisiasi oleh para mahasiswa KKN Tematik Tahap 2 dari Desa Mau'ya. Namun begitu, mereka memutuskan untuk melibatkan desa lain karena mendapat rekomendasi dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat.

"Inisiatifnya dari KKN Tematik desa Ma'uya lalu koordinasi lagi ke kepala desa Ma'uya, setelah selesai diarahkan lagi ke puskesmas. Nah, dari puskesmas itu menyarankan untuk tidak hanya 1 desa tapi melibatkan 7 desa lainnya setelah itu baru diarahkan ke dinas kesehatan untuk obat-obatan," ujarnya. 


Ia juga menyampaikan, dalam beberapa waktu terjadi penambahan 3 desa kembali sehingga desa terlibat berjumlah 10 desa.

"Di tengah persiapan Khitanan Massal ini, ternyata ada para mahasiswa KKN Tematik di daerah Hauwai yang tertolak oleh UPT Puskesmas lain untuk penggarapan acara yang sama, jadi kami tampung saja mereka yang melibatkan 3 desa," papar Mukhalafatun. 


Menurut pemaparan Ketua Pelaksana, acara Khitanan Massal ini merogoh kocek hingga Rp. 21.400.000 (Red. dua puluh satu juta empat ratus ribu rupiah) dengan gabungan donatur dari desa Ma'uya sejumlah Rp. 15.000.000 dan desa Hauwai sejumlah Rp. 6.400.000.


Dalam sambutannya, Wakil Bupati Balangan, Supiani memberikan apresiasi kepada para mahasiswa KKN UIN Antasari yang terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat lewat acara Khitanan tersebut.

"Atas nama pemerintah Bupati Balangan mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi terhadap mahasiswa yang melaksanakan KKN tematik di wilayah kecamatan Halong, juga kepada puskesmas yang telah bekerja sama dengan baik dalam melakukan pelayanan," ujarnya. 


Terakhir, ia juga berharap agar anak-anak yang berkhitan pada saat itu dapat tumbuh dalam keadaan sehat.

"Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan, petunjuk dan limpahan rahmat kepada kita dalam membangun Banua," pungkasnya.


Rep: Haur

Editor: Lanjit

Posting Komentar untuk "KKN Tematik Se-Kecamatan Halong Selenggarakan Khitanan Massal, Wakil Bupati Balangan Berikan Apresiasi"