Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemilihan Rektor Belum Ada Informasi, Begini Penjelasan Sekretaris Senat

Terhitung sejak tanggal 9 Agustus lalu, Panitia Pemilihan Calon Rektor UIN Antasari Masa Jabatan 2021-2025 telah menyampaikan hasil pertimbangan kualitatif dari para senat kepada Kementrian Agama (Kemenag) RI untuk diseleksi dan diputuskan menjadi Rektor UIN Antasari Banjarmasin selanjutnya. Namun begitu, setelah lebih dari sebulan belum ada informasi lanjutan mengenai hal tersebut.


Atas dasar itu, Tim Sukma mencoba menelusuri langsung ke Sekretaris Senat, Hidayat Ma'ruf. Tetapi ia juga tidak mengetahui secara pasti kapan Menteri Agama akan memberikan keputusan perihal rektor UIN Antasari Banjarmasin.

“Tidak tau kita, tapi yang jelaskan SK (Surat Keputusan) masa jabatan rektor kita habis Oktober, cuma saya tidak ingat tanggal pastinya 10 atau 11 mungkin sekitar tanggal segitu ada kepastian siapa rektor kita,” ujarnya saat diwawancara melalui telepon WhatsApp, Sabtu (18/09) pagi.


Ia juga menjelaskan sudah dilakukan tahapan selanjutnya di mana tim seleksi dari Kemenag telah melakukan Fit and Profer Test untuk tiap calon.

“Pada tanggal 16 dan 17 September sudah ada proses pemilihan yang mana tim seleksi dari Kemenag melalui Zoom melakukan semacam fit and profer test terhadap calon kita yang 3 orang. Jadi untuk Mujiburrahman, Mahyuddin dan Fahmi Al-Amruzi sudah ada perkembangannya,” terangnya.


Sekretaris Senat juga mengatakan bahwa kondisi pandemi tidak menimbulkan kendala dalam proses pemilihan calon rektor UIN Antasari.

“Tidak ada kendala apa-apa Alhamdullilah semoga aja lancar ya, mudah-mudahan dalam waktu kurang lebih setengah bulan ini kita mendapat kepastian rektor yang masa jabatan baru, siapapun rektornya nanti,” ucapnya.


Mengenai tidak adanya informasi lanjutan setelah penyerahan hasil pertimbangan kualitatif, merujuk pada Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 68 Tahun 2015, Hidayat mengutarakan akibat rampungnya segala urusan yang berhubungan dengan pihak senat maka informasi selanjutnya berada di Kemenag.

“Instagram kita itukan terbatas dengan bagian kita, bagian selanjutnya itu dari Kemenag termasuk yang kemarin itu (Red. Fit and Profer Test) prosesnya dari Kemenag dan hasil tentu Kemenag. Jadi kita tunggu setengah bulan ini dan semoga di awal Oktober sudah ada berita rektor terpilih dari Kemenag,” ujarnya.


Terakhir, ia juga belum mengetahui proses pelantikan nanti dan menyerahkan sepenuhnya hal tersebut terhadap Kemenag.

“Pelantikan mungkin Kemenag di Jakarta ya, saya tidak tahu itu terserah Kemenag bukan kita,” pungkasnya.


Rep: Ltf & Zhr

Editor: Lanjit

Posting Komentar untuk "Pemilihan Rektor Belum Ada Informasi, Begini Penjelasan Sekretaris Senat"