Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tuntut Kekerasan Terhadap Wartawan Nurhadi, Puluhan Jurnalis di Banjarmasin Gelar Aksi Solidaritas

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) se-Banjarmasin melakukan aksi solidaritas terhadap wartawan Tempo di Surabaya, Nurhadi yang mengalami kekerasan oleh oknum aparat saat meliput kasus korupsi pajak, Jumat (02/04) sore.


Aksi dimulai pukul 16.00 WITA dan dipusatkan di bundaran Hotel A Banjarmasin. Aksi ini diisi dengan orasi serta teatrikal yang menggambarkan pembungkaman kebebasan pers.


Fariz Fadhillah selaku juru bicara aksi, mengatakan bahwa tindakan ini dilakukan untuk memberi peringatan kepada aparat penegak hukum maupun oknum-oknum yang mencoba menghalangi upaya jurnalis untuk tidak melakukan represi terhadap kerjanya.


"Harapan kami, semua bisa menghormati upaya-upaya jurnalis untuk menjalankan kerjanya menyampaikan informasi yang berkaitan dengan kepentingan publik apalagi yang berkaitan dengan kasus korupsi," ujarnya.


Mengenai aksi teatrikal, Didi Gunawan Sanusi selaku ketua AJI Balikpapan Biro Banjarmasin, mengatakan bahwa aksi teatrikal dengan menaburkan bunga ke mulut tokoh yang dibungkam menggunakan lakban, merupakan sebuah perwujudan empati terhadap Nurhadi.


"Kalau kita selalu diam dengan hal ini, tidak menutup kemungkinan akan terjadi rentetan-rentetan lagi. Berdasarkan data di AJI tahun 2020 ada sekitar 10 jurnalis yang mengalami kekerasan," paparnya.


Rep: Tarawah

Editor: Lanjit

Posting Komentar untuk "Tuntut Kekerasan Terhadap Wartawan Nurhadi, Puluhan Jurnalis di Banjarmasin Gelar Aksi Solidaritas"

Berlangganan via Email