Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi Pandemi Turunkan Minat Literasi, Kamush Gelar "Kamush Expo"


Komunitas mahasiswa Ushuluddin dan Hunamiora (Kamush), telah mengadakan agenda “Kamush Expo”. Acara ini dilaksanakan selama tiga hari yakni pada tanggal 9-11 April 2021. Yang mana agendanya bukan hanya seminar bedah buku, seminar nasional kajian fiqih wanita, tapi juga dibarengi dengan ada lomba-lomba yang diadakan secara virtual yang berbasis literasi seperti essay, cipta puisi, orasi ilmiah, dan videografi. Dan juga mengundang selebgram lokal yakni Tomy Kaganangan, di Tree Park Hotel Banjarmasin, Jum’at (09/04) siang.


Salah satu rangkaian kegiatan Kamush Expo yakni Seminar bedah buku yang berjudul "Tuhan Ada di Hatimu". Seminar tersebut bertema "Kelana Mencari Tuhan, Kenali Diri Tak Bertuan” bersama Habib Husein Jafar Al-Hadar. Kamush Expo adalah proker yang dirancang bersama-mana oleh para pengurus Kamush yang mana arahnya untuk meningkatkan kembali literasi di Indonesia. 


Akhmad Anwari, selaku ketua pelaksana mengatakan tujuan diadakannya Kamush Expo ini yang mana dalam kondisi pandemi saat ini adanya penurunan minat baca dan semakin  malasnya untuk berliterasi, maka dengan diadakannya kegiatan ini sebagai alternatif untuk memfasilitasi banyak orang untuk meningkatkan kembali literasi.

“Disini kami sebagai pelopor di masa pandemi yang sangat jarang sekali mengadakan literasi atau seminar offline, berharap kita sebagai kalangan remaja dan juga kalangan manapun tetap meningkatkan kembali citra Negara, dengan cara membaca dan menggali ilmu-ilmu. Khususnya para mahasiswa, dapat membuat sebuah wadah atau fasilitas bagi orang-orang untuk menggali ilmu,” ujarnya.


Ketua umum, Ahmad Sunir Ridha mengharapkkan agar Kamush memiliki keintelektualan yang tinggi, tidak apatis dengan lingkungan dan perubahan zaman.

“Harapan untuk Kamush kedepannya mungkin bisa mempertahankan citra Kamush dan dapat mengembangkan kembali apa yang telah kami tuangkan pada hari ini untuk dikembangkan dikemudian hari, baik itu dalam segi keintelektualan, ilmu social atau yang lainnya yang mampu menunjang kebermanfaatan bagi masyarakat kedepannya,” harapnya.


Adapun keantusiasan salah satu peserta yang mengikuti Seminar Bedah Buku dengan Habib Husein Jafar Al-Hadar, Mona, mengatakan banyak ilmu yang didapat dan bisa untuk diterapkan. 

“Saya sangat senang karena mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat, juga dapat bertemu langsung dengan Habib Husein Jafar Al-Hadar. Saya pun sangat tersentuh dengan kata-kata Habib dan moderator, itu membuat saya ingin sukses seperti mereka,” ungkapnya.


Rep: Kk

Editor: Haur

Posting Komentar untuk "Kondisi Pandemi Turunkan Minat Literasi, Kamush Gelar "Kamush Expo""

Berlangganan via Email