Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transformasi UIN Antasari, FUH Merencanakan Penambah Jurusan

 

Fakultas Ushuluddin  dan Humaniora (FUH) berencana untuk melakukan penambahan jurusan dalam rangka menyambut transformasi kampus UIN Antasari Banjarmasin. 


Irfan Noor selaku Dekan FUH mengungkapkan penambahan jurusan pada FUH akan dimulai tahun depan seiring Kampus II selesai dibangun, bersamaan dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK). Sejauh ini masih memasuki tahap survei. 

"Tahap ini FUH masih melakukan survei di tingkat dosen, alumni dan masyarakat tentang bidang apa saja yang menjadi pilihan dalam lingkup Ilmu Ushuluddin dan Humaniora. Kalau di bidang Ilmu Ushuluddin, kita akan membuka jurusan Ilmu Hadis karena secara Sumber Daya Manusia (SDM) kita punya. Sementara untuk Ilmu Humaniora kita akan membuka jurusan Sastra dan Bahasa Arab, Sastra dan Bahasa Inggris, Antropologi, Filologi, Ilmu Perpustakaan dan lain-lain," ungkap Irfan, pada Kamis (15/10) pesan Whatshap.


Irfan juga mengatakan dengan adanya penambahan jurusan baru pada FUH maka diperlukannya tambahan dosen sebagai syarat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud).

"Pada tahun 2021 kita berupaya mengusul tambahan dosen PNS sebanyak-banyaknya, terutama dari bidang-bidang yang diproyeksikan dibuka,” ujarnya. Adapun kendala yang dihadapi adalah mengenai sejauh mana minat masyarakat terhadap hadirnya ilmu-ilmu humaniora. Karena ilmu tidak selalu terkait pada bidang-bidang pendidikan.


Khairina mahasiswi FUH angkatan 2019 mengatakan dengan adanya penambahan jurusan dapat meningkatkan eksistensi FUH itu sendiri. 

"Terkait jurusan baru yg direncanakan oleh Fakultas Ushuluddin dan Humaniora ini saya rasa membuka ruang eksistensi FUH, kabarnya ada tujuh jurusan yg direncakan, tentunya kehadiran prodi-prodi tersebut dapat menyeimbangkan antara kajian Ushuluddin dan aspek sosial humaniora," katanya.


Reporter: Ri'ing

Editor: Ulahay

Posting Komentar untuk "Transformasi UIN Antasari, FUH Merencanakan Penambah Jurusan"

Berlangganan via Email