Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegundahan PBAK Daring di Masa Covid-19



Pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2020 di UIN Antasari Banjaramasin dengan mengangkat tema "Mahasiswa Sebagai Garda Terdepan Masyarakat Dalam Menghadapi Kenormalan Hidup Baru" senin (24/08) kemarin.

PBAK tahun ini dibagi menjadi tiga tahapan yakni, tahap pertama dilaksanakan tanggal 25-27 Agustus, tahap kedua akan dilaksanakan tanggal 7-9 September dan tahap ketiga pada tanggal 10-12 September.

Namun PBAK tahun ini nampak jelas berbeda dari tahun sebelumnya[ karena dilaksanakan dengan sistem dalam jaringan (Daring) berbeda dengan dulu menggunakan sisten luar jaringan (Luring). Peserta PBAK diikuti sebanya 212 Mahasiswa yang dinyatakan lulus jalur SPAN PTKIN.

Menurut mahasiswa baru (MABA) jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI), Azizah Putri mengungkapkan kesan yang berbeda karena semuanya dilakukan secara daring.

"Ada sedikit kegundahan, karena kemaren ada pikiran bisa bertatap muka dengan kaka-kaka, sekaligus dapat melihat secara langsung kampus UIN Antasari," ungkapnya, senin (25/08).
Dalam sambutannya Ari mengatakan untuk tahun ini dana didapat dari dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

"Dana sendiri hanya didapatkan dari dana DIPA, tidak ada dari mahasiswa baru," ujarnya selaku ketua Organizing Comite.

Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Mujiburrahman menuturkan untuk mahasiswa baru agar dapat memaksimalkan prasarana daring dengan efektif.
"Dengan tujuan para MABA dapat mengenal dan mengetahui bagaimana budaya akademik kampus dan kegiatan-kegiatan organisasi mahasiswa. Apabila dua tersebut tercapai maka tidak ada bedanya daring dengan luring," tutur Mujib.

Saat sambutan Mujiburrahman juga mengharapkan untuk panitia dan pembimbing dapat mengarahkan serta menjalankan komunikasi antar peserta dengan baik. Para senat, tim pengawas dan panita dapat mengawasi para peserta seperti ketepatan waktu hadir. Dan adanya evaluasi dari panitia untuk membuat angket penilaian kepuasan peserta terhadap acara.

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Syahri mengatakan bagi mahasiswa baru kenalilah dinamika-dinamika yang ada dikampus baik dalam akademisi atau organisasi.
"Karena kita mahasiswa yang unggul siap bersaing didalam maupun diluar kampus, semua itu tetap mengedepankan akhlak yang mulia," pesannya.

Reporter: Hatau

Editor : Haur

Posting Komentar untuk "Kegundahan PBAK Daring di Masa Covid-19"

Berlangganan via Email