Pelantikan Akbar Semakin Dekat, Empat UKK/UKM Tidak Diikutsertakan




Pelantikan Akbar Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Senat Mahasiswa (SEMA) tingkat Universitas dan Unit Kegiatan Khusus/Unit Kegiatan Mahasiswa (UKK/UKM) UIN Antasari Banjarmasin akan berlangsung pada Selasa (09/06) mendatang. 

Ketua Panitia Pemilihan Mahasiswa Universitas (PPMU), Dimas mengungkapkan menjelang pelantikan melalui via Zoom tersebut ada empat UKK/UKM yang tidak diikutsertakan dalam pelantikan.
“Alasan tidak diperkenankan dilantiknya UKM/UKK tersebut adalah UKK Pramuka yang telah dilantik langsung oleh Rektor pada bulan September lalu dan UKK Koperasi Mahasiswa (KOPMA), UKM Antasari Cendekia serta UKM Perguruan Seni Bela Diri (PSBD) Al-Wahid karena belum melaksanakan Musyawarah Tahunan (MUSYTA) sehingga tidak memiliki Surat Keputusan (SK) untuk mengakhiri tugas kepengurusan periode sebelumnya," ungkapnya, Senin (08/06) siang.

Muhammad Marzuki, Ketua Umum UKM Antasari Cendekia periode 2019/2020 saat ditanya melalui pesan berbalas Whatsapp Sabtu (06/06) membenarkan bahwa mereka tidak diperkenankan untuk mengikuti pelantikan akbar dikarenakan belum melaksanakan MUSYTA.
“Kendala mengadakan MUSYTA pada bulan April sebelumnya karena adanya pandemi COVID-19 ini sehingga belum dapat melaksanakan MUSYTA secara tatap muka dan memutuskan akan melaksanakannya berbasis daring. Kami juga akan melangsungkan pelantikan secara mandiri,” ujarnya. 

Hal ini juga dialami oleh UKM PSBD Al-Wahid, belum bersedia untuk melaksanakan MUSYTA di tengah pandemi, juga akan melangsungkan pelantikan secara mandiri.

Tidak berbeda jauh dengan UKM Antasari Cendekia dan UKM PSBD Al-Wahid. UKK KOPMA juga belum dapat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dikarenakan pandemi COVID-19. 
“Kami juga sedang menunggu Surat Edaran Dinas Koperasi dan kebijakan rektor untuk dapat melaksanakan RAT," ucap Yanto selaku salah satu pengurus UKK KOPMA, Minggu (07/06) siang. 

Sedangkan Ketua Dewan Racana Dewi Saranti, Zidah membenarkan bahwa mereka telah melangsungkan pelantikan pada bulan September lalu. 
“Berhubung pelantikan pramuka ada upacara tersendiri dan pasti berbeda dengan UKK/UKM yang lain,” ujarnya.

Setelah diklarifikasi lebih lanjut melalui wawancara secara tatap muka Senin (08/06) siang. Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Nida Mufida mengatakan terkait dengan empat UKK/UKM tersebut memang tidak diperkenankan dilantik, tiga diantaranya belum melaksanakan MUSYTA yang diminta dilaksanakan mulai dari bulan Maret terakhir. 
“Mereka bisa mengusul ke Rektor segera diminta buatkan SK dengan lampiran pengurus-pengurusnya terbaru. Harapannya tiap tahun seperti ini (Red. pelantikan serentak) agar rapi dan bagus dan memiliki SK pelantikan yang sama,” tutupnya.


Rep: Apik
Editor: Haur

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelantikan Akbar Semakin Dekat, Empat UKK/UKM Tidak Diikutsertakan"

Posting Komentar