Rizal: Pelantikan Akbar Bukan Sekedar Pelantikan

http://www.jambi-independent.co.id

UIN Antasari Banjarmasin akan menggelar Pelantikan Akbar Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Senat Mahasiswa (SEMA) tingkat Universitas dan Unit Kegiatan Khusus/ Unit Kegiatan Mahasiswa (UKK/UKM) untuk pertama kalinya di UIN Antasari Banjarmasin.

Ditemui di Aula Student Center, Kamis (12/03), Rizal Selaku ketua DEMA periode 2019/2020 mengatakan bahwa pelaksanaan pelantikan akbar terlepas dari SEMA, DEMA, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) terpilih ditingkat Fakultas.
“Pelantikan akbar nantinya akan melantik secara serentak semua pengurus SEMA dan DEMA tingkat Universitas terpilih beserta Unit Kegiatan Khusus Mahasiswa (UKK) / Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) pada 24 Maret 2020 yang berlokasi di Auditorium Mastur Jahri, UIN Antasari Banjarmasin”, paparnya.

Perihal konsep Pelantikan Akbar nantinya yang akan dihadiri oleh seluruh UKK/UKM, DEMA dan SEMA terpilih tingkat Universitas beserta jajarannya dan para pimpinan Rektorat serta Fakultas, Rizal mengatakan bahwa belum ada pembicaraan pasti mengenai teknik acara.
“Kami masih menyesuaikan dengan beberapa aspek, seperti Surat Keputusan (SK) dan koodinasi dari Ibu Nida selaku Wakil Rektor 3, ujarnya.

Terkait UKK/UKM yang telah melaksanakan pelantikan secara internal atau lebih tepatnya serah terima jabatan, tetap diharuskan untuk menghadiri Pelantikan Akbar meskipun tidak dilantik kembali, termasuk UKK Pramuka yang telah dilantik langsung oleh Rektor pada bulan Agustus lalu.

Ketua DEMA ini menuturkan, Rencana Pelantikan Akbar ini tidak hanya sekedar pelatikan, yakni untuk mengenalkan sesama warga student Center (SC) siapa ketua serta jajaran pengurusnya, juga akan dilanjutkan dengan Musyawarah tahunan (MUSYTA) dan diskusi Keluarga Besar Mahasiswa (KBM).

“Kami DEMA dan SEMA ingin membuat Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KBM, Rencananya kami juga berharap Panitia Pemilihan Mahasiswa (PPMU) menyediakan waktu kepada DEMA 2018/2019 untuk menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepada seluruh UKK/UKM berserta DEMA dan SEMA terpilih untuk satu tahun kepemimpinan kedepan, karena melihat dari tahun kebelakang, belum ada dari DEMA yang melaporkan LPJ kepada seluruh KBM. Istilahnya, tanpa LPJ kapan demisionernya kami", tutupnya dengan tanya.

Terkait dengan pelantikan akbar yang nantinya dilaksanakan serentak di akhir bulan ini, terdengar kabar bahwa ada beberapa UKK/UKM yang mempercepat agenda Musywarah tahunan (MUSYTA) serta pemilihan ketua umum agar dapat menyempatkan waktu dengan pelantikan akbar. 

Mencoba untuk menelusuri kebenaran dari isu tersebut, Tim Sukma mencoba untuk mengklarifikasi informasi terkait dengan melakukan wawancara singkat dengan salah satu UKM yang ada di UIN Antasari yang beberapa hari lalu telah melaksanakan agenda musyarawah tahunan, yaitu UKM Olahraga (UKM-O).

Ditanya melalui pesan berbalas, Rahmat selaku ketua pelaksana musyawarah tahunan UKM-O menanggapi isu tersebut dengan santai. Rahmat mengatakan bahwa UKM-O sama sekali tidak melaksanakan Musyta secara dadakan hanya untuk menyempatkan dengan pelantikan akbar, dengan alasan bahwa agenda tersebut memang telah dijadwalkan terlebih dahulu di bulan Maret.

“Kami senang dengan adanya pelantikan akbar ini, karena melihat dari tujuan ada nya pelantikan akbar ini yaitu "terwujudnya UKM/UKK yg bersinergi.” Ujarnya saat ditanya perihal tanggapannya tentang pelantikan akbar tersebut.

Diakhir wawancara, Rahmat berharap “Pelantikan akbar ini dapat membuat UKK/UKM saling mengenal satu sama lain serta dapat menjadi nilai jual ataupun daya tarik bagi mahasiswa mahasiswi yang belum ikut berorganisasi”, tutupnya.

Reporter: Laip
Editor: Haur

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rizal: Pelantikan Akbar Bukan Sekedar Pelantikan"

Posting Komentar