Diesnatalis ke-3 Tadris Biologi, Dari Seminar Hingga Lunching Buku



Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Biologi adakan Seminar regional dan Diesnatalis ke-3 Tadris Biologi, dari Seminar hingga Lunching buku buku bertajuk "Harmonisasi alam dan budaya konservasi abad 21" dalam rangka peringatan Dies Natalies ke-3 jurusan tadris biologi UIN Antasari Banjarmasin di Auditorium Mastur Jahri, selasa (03/12)pagi.

Acara ini digelar selama 2 hari (03-04/12) dengan agenda seminar regional, launching buku, pameran ular dan insektarium (serangga yang di awetkan), serta dibukanya stand-stand aneka jajanan.

Seminar regional dalam rangka peringatan Dies Natalies jurusan tadris biologi UIN Antasari Banjarmasin ini mendatangkan Amalia Rezeki. S.pd.,M.p (biologist conservation founder of SBI foundation) sebagai pembicara.

Acara ini sekaligus menampilkan launching dua buah buku yaitu:
Buku Biophoria (Antologi buku puisi mahasiswa jurusan biologi) dan Buku ajar berbantuan technology augment reality berbasis Islam-sains : Anthropoda yang ditulis oleh dosen biologi, Meini Inda destiara. Buku ini dapat memudahkan pengamatan dengan adanya  barcode yg bisa di scan melalui aplikasinya sehingga pengamatan terhadap hewan berbahaya bisa dilakukan tanpa menyentuhnya secara langsung. Penerbitan buku dibantu langsung oleh ketua umum jurusan, Khairunnisa, M. Pd adapun untuk antologi puisi sendiri ada sekitar sekitar 36 buah puisi yang di muat.

Fahrujani selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa tujuan dari  launching buku ini, untuk memperkenalkan sekaligus sebagai ajang eksistensi jurusan biologi di kampus UIN Antasari Banjarmasin.
"Saya agak sedikit miris mahasiswa UIN sendiri banyak yg tidak tau bahwa jurusan biologi itu ada di kampus ini, selain itu juga kami ingin ikut berpartisipasi dalam hal meningkatkan literasi di Indonesia" kata fahrujani antusias.

Menurut fahrujani, Pemilihan tema kegiatan ini berangkat dari keresahan atas meninggatnya permasalahan lingkungan seperti kebakaran hutan dan lahan serta penangkapan satwa langka, "Acara ini kami adakan dengan harapan agar kawan-kawan mahasiswa sebagai  Agent of change mampu melakukan perbaikan dan perubahan besar untuk permasalahan tersebut". Ungkap mahasiswa semester lima ini. 

"Semoga tadris biologi menghasilkan calon-calon tenaga pengajar yang unggul dan berakhlak. tentunya ini adalah sebuah wadah untuk kegiatan edukasi konservasi kepada generasi muda, diharapkan kegiatan ini tidak hanya sekali tetapi juga menjadi rutinitas untuk membangun atmosfer generasi muda yg perduli konservasi" Harap Amalia Rezeki selaku pembicara.

Salah seorang peserta, Wirda Wahyuni mengatakan, "Acara ini sangat bermanfaat sekali dalam menambah wawasan pengetahuan tentang konservasi, alam dan habitat hewan-hewan langka". Komentar mahasiswi universitas lambung Mangkurat ini.

Reporter : Kacui & Maasi
Editor : Lukah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Diesnatalis ke-3 Tadris Biologi, Dari Seminar Hingga Lunching Buku"

Posting Komentar