Resminya Rumah Singgah Balangan dan Bantuan Dana 10 Juta Bupati


Foto: Hataw
  
Mahasiswa dan Alumni UIN Antasari asal Kabupaten Balangan yang terhimpun dalam sebuah Kerukunan Mahasiswa Balangan (KMB) UIN Antasari Banjarmasin, turut ambil peran dalam pengadaan tempat tinggal sementara di Banjarmasin. Tempat tinggal yang diperuntukan bagi masyarakat khususnya pasien dan keluarga dari Balangan ini, akhirnya diresmikan langsung oleh Bupati daerah asalnya, H. Ansharuddin pada Sabtu (29/06) kemarin.

Selain H. Ansharuddin, prosesi peresmian Rumah Singgah Balangan (RSB) yang berlokasi di kawasan Jalan Kinibalu, Banjarmasin Tengah ini mulai dilangsungkan sekitar pukul 10.00 WITA ini dihadiri oleh Bupati Balangan periode pertama yaitu H. M. Arsyad. Bukan hanya itu, warga Balangan hingga warga sekitar RSB serta mahasiswa-mahasiswa asal Balangan pun turut menghadiri momen peresmian. 

Bermula dari gagasan salah satu yayasan di Balangan yaitu Yayasan Rumah Tahfidz Foundation yang kemudian direalisasikan bersama perkumpulan-perkumpulan lainnya seperti Paguyuban SMAVEN 96, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan, Balangan Peduli, Sahabat Balangan Center (SBC) dan pihak-pihak lainnya termasuk KMB UIN Antasari.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat balangan kurang mampu yang terkendala jarak dan tempat untuk berobat. KMB sendiri sebagai himpunan mahasiswa daerah merasa tergugah untuk berpartisipasi langsung sebagai bentuk kontribusinya terhadap daerahnya. Sebagaimana yang disampaikan M. Nor Taufiq selaku Ketua Umum KMB UIN Antasari. “Karena ingin membantu dan menolong masyarakat Balangan khususnya yang kurang mampu dan turut mendukung program RSB untuk menyejahterakan masyarakat Balangan,” Ungkap Mahasiswa Semester 6 yang akrab dipanggil Upik ini.
Foto bersama pengurus dan donatur RSB
Dalam sambutannya Haris Fadillah selaku Ketua Umum RSB  menyampaikan pergerakan RSB sejak hampir enam bulan lalu. "Sampai saat ini ada tujuh pasien yang pernah ditampung di RSB kebanyakan berasal dari Balangan namun ada juga yang berasal dari luar Balangan seperti Kandangan dan Amuntai, dan rata-rata menderita penyakit kanker dan tumor." Ungkap Haris yang merupakan Alumnus UIN Antasari. 

Meski telah berjalan selama enam bulan lamanya, ternyata RSB ini belum bisa menyediakan fasilitas yang lengkap untuk para pasien. Diantaranya seperti tidak adanya alat transportasi guna membawa pasien ke Rumah Sakit serta fasilitas-fasilitas lainnya yang dibutuhkan untuk menunjang kenyamanan pasien. Minimnya biaya menjadi kendala utama RSB ditambah lagi dengan tidak adanya legalisasi dari pemerintah setempat yang membuat RSB ini sangat susah untuk melakukan penggalangan dana. Hal ini di tegaskan dalam sambutannya "Tidak ada label legal dari pemerintah membuat kami selaku pengurus kesusahan mencari dana untuk pengadaan fasilitas RSB ini," Imbuhnya lagi

Adapun untuk biaya rehab diketahui bahwa RSB didonaturi oleh ACT Kalsel sebanyak Rp 39.575.000,- dan dalam bentuk peralatan Masak. Tak hanya itu, Paguyuban SMAVEN 96 pun turut membantu dalam pengadaan alat tidur. Disusul pula dalam peresmian kemarin, Bupati Balangan sempat merasa iba mendengar cerita perjalanan RSB. "Mudahan setelah ini ada manfaatnya dan RSB berkembang dengan baik, maka dengan itu sebelum saya resmikan, saya akan bantu sepuluh juta rupiah," Ucap H. Ansharuddin yang disambut dengantepuk tangan meriah.

Juhrani selaku Ketua Pelaksana acara peresmian yang juga merupakan pengurus RSB mengatakan bahwa meski terkendala dana pihaknya tetap berupaya memberikan yang terbaik untuk pasien. Salah satunya terhadap Muhammad, meski hanya bermodal aplikasi transportasi online relawan RSB tetap berusaha menghiburnya dengan berjalan-jalan ke Taman Siring Banjarmasin.

Sementara itu pihaknya juga akan terus berupaya mengenalkan RSB kepada masyarakat luas. "Karena tempatnya ini agak jarang dilewati orang, maka kami akan membuatkan website dan juga dapat diakses di google maps supaya lebih mudah," Ujar salah satu tenaga pendidik di UIN Antasari ini. 


Reporter: Bungkun dan Hataw
Editor: Jarwo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resminya Rumah Singgah Balangan dan Bantuan Dana 10 Juta Bupati"

Posting Komentar