PGMI 2016 Gelar Pentas Seni Pasca Sepekan Lebaran


Sepekan pasca lebaran, mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) angkatan 2016 tampilkan kemampuan seni dalam sebuah pentas di  Auditorium Mastur Jahri. Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Nida Mufidah ini berlangsung dari pukul 08.30 s/d 22.00 WITA, pada Rabu (12/06).

Persembahan ini tidak lain merupakan rutinitas mahasiswa PGMI semester enam tiap tahunnya. Kendati nampak seperti pementasan pada umumnya, nyatanya pementasan ini merupakan bagian dari pemenuhan atas tugas final (Red: Ujian Akhir Semester) mata kuliah kesenian dan budaya.

Dihadiri oleh 3 dosen pengampu mata kuliah kesenian dan budaya, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan,hingga Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Fakultas Tarbiyah. Tak luput pula penonton dari jurusan lain yang turut menyaksikan pentas seni ini secara gratis.

Menampilkan secara acak beragam persembahan berupa seni tari dan teater,  mahasiswa PGMI yang terbagi 8 kelas ini diberi durasi waktu sebanyak 2 jam tiap kelasnya. Layaknya pementasan pada umumnya, terdapat pula kepanitiaan dalam penyelenggaraannya, seperti Tim Acara, Konsumsi, Perlengkapan dan Dekorasi.

Raisa, mahasiswi PGMI lokal D, mengaku sangat terkesan sebab persiapan kegiatannya yang dilakukan disaat libur seperti ini. "Rasanya campur aduk, ada banyak yang harus dipersiapkan, banyak juga masalah yang dihadapi, selain berlatih menyatukan pikiran dan ego juga jadi titik kesuksesan hari ini" Ungkapnya saat ditanya perihal kesannya terhadap acara.

Bukan hanya menampilkan seni tari dan teater, adapula hasil keterampilan seni kriya tiap kelas  yang dipamerkan dan dijual pada acara ini. Keterampilan berupa buket bunga, buket snack, bantal, hingga hiasan bunga lainnya dapat ditemui pada stand-stand saat memasuki Auditorium.

Menelisik lebih jauh tentang pendanaan, pementasan ini murni didanai dari uang iuran mahasiswa PGMI 2016. “Setiap lokal wajib mengumpulkan 150 ribu untuk kebutuhan keseluruhan, sedangkan untuk penampilan sendiri tergantung kebutuhan masing-masing lokal”, aku Rismawati pada tim Sukma.

Mahasiswi lokal H ini juga menyebutkan bahwa persiapannya yang dilakukan dari jauh hari bahkan sebelum bulan Ramadhan ini tidak lepas dari kendala. Meski demikian, Risma berharap acara ini tetap dipertahankan hingga tahun-tahun berikutnya. “Acara seperti ini sangat bagus untuk bekal calon guru nanti, khususnya untuk mahasiswa PGMI”, tutupnya.



Reporter: Rai
Editor: Jarwo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PGMI 2016 Gelar Pentas Seni Pasca Sepekan Lebaran"

Posting Komentar