Musisi Banjar Ciptakan Lagu Baru Bertema Lebaran



Satu lagi persembahan lagu Banjar bertema lebaran karya anak banua. Lagu berjudul "Raya Sabanua" ini adalah karya cipta dan aransemen oleh Hendra Cipta seorang pemerhati kesenian budaya Kalimantan Selatan yang juga pencipta lagu "Mainan Banua" di tahun 2017 lalu.

Lagu bertajuk "Raya Sabanua" ini diciptakan pada Sabtu, 20 April 2019 lalu. Bermula dari keluhan seorang kenalan Hendra yaitu Jaya yang tidak lain adalah Staf stasiun televisi swasta, Banjar TV, yang mengeluhkan belum adanya lagu daerah banjar bertema lebaran yang diciptakan dan diproduksi hingga sekarang. Meskipun demikian lagu bertema Ramadhan telah banyak diproduksi dan ramaikan dunia musik Banjar seperti yang telah dilantunkan oleh JEF dengan judul "Basarah diri".

Hal tersebut dituturkan oleh Hendra selaku pencipta yang juga seorang Guru SMAN 1 Sungai Tabuk. "Nah dari situlah awal muncul niat ingin menciptakan lagu baru tentang hari raya", beber Hendra saat ditanya Tim Sukma, Selasa (04/06).

Menurut penuturannya, sempat mengalami beberapa kendala terkait dana pembuatannya sehingga mengalami kesulitan dalam mencari penyanyi dan tim videografer untuk proses pembuatan lagu ini. "Saya harus berkeliling mencari pelakunya yang mau tidak di bayar dengan sistem  gotong royong", imbuhnya.

Tidak sia-sia usaha dan doa Hendra, terbukti dengan tujuh orang penyanyi dan beberapa seniman daerah yang berhasil digaetnya untuk berpartisipasi. Bahkan dari keluarganya pun turut serta dalam pengambilan video klip.

Sedangkan untuk rangkaian musiknya sendiri dibuat dengan rekaman sendiri di kediaman Hendra. Alhasil dari pembuatan video musik lagu "Raya Sabanua" ciptaannya ini tercapai tanpa sepersen uang yang dikeluarkan. "Hasilnya sangat memuaskan, saya bangga bisa berbuat untuk lagu daerah dan ingin terus berkarya", ujarnya lagi.

Tak lupa Hendra juga berpesan untuk generasi muda agar berani dalam berkarya walaupun itu sangat sederhana. "Sudah saatnya yang muda berkarya dan menjaga nilai-nilai seni budaya yang ada untuk diangkat dan dijunjung tinggi keberadaannya. Kalau bukan kalian siapa lagi yang mewarisi seni budaya Banua", tutupnya dengan penuh harap.


Reporter: Jarwo


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Musisi Banjar Ciptakan Lagu Baru Bertema Lebaran"

Posting Komentar