570 Pelajar Pramuka Tingkat SLTA se-Kalselteng Ikuti Gelora Ke-X

 
Gelar Lomba Pramuka Penegak (Gelora) ke-X se-Kalimantan Selatan dan Tengah yang diselenggarakan oleh UKK Pramuka telah memasuki tahap Technical Meeting (TM). Bertempat di lokal 1, 2 dan 3 Gedung Percontohan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) kegiatan berlangsung dari pukul 09.00-14.00 WITA, pada Sabtu (22/06).
 
Selama dua tahun terakhir, Gelora menjadi ajang perlombaan bagi pelajar pramuka tingkat SLTA se-Kalimantan Selatan dan Tengah. Mengusung tema "Membangun insan pramuka yang unggul,  cinta lingkungan,  berwawasan ilmiah,  berjiwa nasionalis untuk menghadapi revolusi industri 4.0 berlandaskan Satya dan Dharma Pramuka", kali ini Gelora akan diadakan pada tanggal 24-28 Juli 2019 di Bumi Perkemahan Agro Wisata, Tambang Ulang, Pelaihari. 
 
Pramuka Racana Pangeran Antasari-Dewi Saranti yang berpangkalan di UIN Antasari ini nantinya akan menyelenggarakan 13 cabang lomba. Cabang-cabang lomba terbagi lagi menjadi beberapa kategori, yaitu kepramukaan (4 lomba),  seni budaya (5 lomba),  lingkungan (1 lomba)  dan ilmiah (3 lomba). Selain lomba juga disuguhi kegiatan umum seperti seminar dengan topik pengenalan kampus,  Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE),  leadership,  kepramukaan dan digitalisasi ekonomi 4.0, pelatihan tentang Repeling dan video grafis serta giat bakti. 


Terhitung sejak ditutupnya pendaftaran peserta pada Sabtu (22/06) pukul 00.00 WITA, maka 570 orang dengan kategori 28 sangga (Red: sebutan nama kelompok pada pramuka penegak) puteri dan 29 sangga putera yang ada di Kalimantan Selatan dan Tengah untuk berpartisipasi dalam kegiatan gelora tahun ini.

M. Maulidi Ihsan Wahidi selaku ketua pelaksana mengaku persiapan telah mencapai 60%, selebihnya adalah teknis lapangan. Ia juga menuturkan bahwa selalu ada evaluasi panitia untuk melakukan perubahan demi kenyamanan dan keefektifan acara, begitu pula pada tahun ini dimana Gelora memasuki usia satu dekade. "Alhamdulillah, partisipasi dan antusias peserta tahun ini bisa dibilang sama kuat dengan tahun kemarin sehingga pasti panitia selalu memberikan inovasi yang dikira perlu demi kenyamanan dan keefektifan acara," tegas Wahid saat ditanya usai TM, Sabtu (22/06).

Miftahurrahman Tamami juga menambahkan harapannya untuk peserta Gelora ke-X selaku ketua pokja (Kelompok Kerja)."Harapannya jangan sampai Gelora ini hanya bermental piala tapi bermentalah juara," harapnya.

Menurut himbauan Miftah, peserta lebih baik meniatkan keikutsertaannya pada mencari pahala. Tak luput Miftah berharap untuk panitia agar selalu konsisten dan amanah."Ikhlas bakti bina bangsa berbudi bawa laksana, ikhlas bakti bina diri, abdi Islami, jangan patah semangat dan jangan kasih kendor karena ini kegiatan yang ditungggu-tunggu oleh peserta," tutupnya dengan pesan semangat.


Reporter: Rai
Editor: Jarwo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "570 Pelajar Pramuka Tingkat SLTA se-Kalselteng Ikuti Gelora Ke-X"

Posting Komentar