25% Wisudawan Puas dengan Tempat Wisuda Sarjana ke-65 dan Pascasarjana ke-35 UIN Antasari




Ada yang berbeda dalam prosesi wisuda UIN Antasari tahun ini dengan kebiasaan sebelumnya. Kali ini wisuda dilaksankan tiga kali gelombang sepanjang tahun . Jika sebelumnya dilaksanakan dalam sebuah gedung di luar kampus UIN Antasari, kali ini Auditorium Matsur Jahri dipilih sebagai gedung wisuda gelombang pertama pada Selasa (23/04) lalu.

Seperti diungkap dalam salah satu postingan Instagram resmi UIN Antasari. Postingan yang di terbitkan pada 16 April lalu tersebut berisi pamflet wisuda dan caption di dalamnya.
"...kita kan Kuliah di kampus, ngerjain tugasnya di kampus, masa iya wisuda di luar? Ya harus di kampus dong..." Ini lah potongan caption tersebut. Sontak postingan ini menuai pro dan kontra dalam kolom komentar.

Acara di gelar dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul delapan hingga sebelas pagi yang mewisudakan mahasiswa Pascasarjana, Doktor dan Magister, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) dan Fakultas Ushuluddin dan Humanioral (FUH). Kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua pada pukul dua siang hingga pukul lima sore yang mewisudakan dua fakultas yaitu fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dan Fakultas Syariah (Fasya). Total ada 620 wisudawan/wati yang di wisuda pada hari itu.

Dilaksanakan dalam dua sesi serta sebagian besar keluarga wisudawan di tempatkan di halaman Auditorium dengan difasilitasi kipas angin, tenda, kursi serta beberapa buah layar televisi sebagai penghubung untuk melihat prosesi yang berlangsung dalam Auditorium.  Meski demikian, 57% responden riset Sukma menyatakan setuju suasana wisuda kondusif. 38 % menyuarakan kurang kondusif dan hanya 5 % responden yang menjawab suasana tidak kondusif.

Berikutnya ketika di tanya mengenai pendapat apakah setuju wisuda berikutnya di laksanakan di kampus. 64% responden menyatakan setuju. 21 % responden wisuda berikutnya  menyatakan kurang setuju dan 15 % memilih tidak setuju.

Mengenai kepuasan yang di rasakan oleh wisudawan tim Sukma mendapati jawaban seperempat atau 25 % responden riset yang menyatakan puas dengan tempat wisuda. 55 % diantaranya menyatakan cukup puas dan sisanya sebanyak 20% responden menjawab tidak puas. Terakhir jika di minta memilih apakah para wisudawan akan merekomendasikan gedung lain sebagai tempat untuk wisuda berikutnya 66% menyawab 'Iya'. Sisanya hanya 34% yang memilih tidak akan merekomendasikan tempat lain.




Keterangan : Riset Kepuasan Wisuda ini dilakukan pada Rabu (24/4/2019) menggunakan Metode Slovin kepada 87 responden dari jumlah populasi sebanyak 620 wisudawan/wisudawati UIN Antasari dengan toleransi kesalahan sebesar 10%.

Peneliti : Tim Redaksi dan Litbang Lpm Sukma

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "25% Wisudawan Puas dengan Tempat Wisuda Sarjana ke-65 dan Pascasarjana ke-35 UIN Antasari"

Posting Komentar