Pendaftaran Tahap 4 Ricuh, Ma’had Al-Jami’ah Buka Pendaftaran Lagi

Foto: Maasi
Sudah tiga hari berlangsung terhitung kurang lebih 400 calon mahasantri/wati mendaftar di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ma’had al jamiah tahap keempat di Kopertais lantai I , Rabu (13/03).

Pendaftaran yang dilaksanakan dari hari Selasa-Kamis (12-14/03) ini berjalan ricuh meskipun telah dibuka dengan dua sesi pendaftaran tiap harinya yaitu pada pukul 08.30 - 12.00 WITA untuk sesi pertama dan pukul 13.30 - 16.00 untuk sesi kedua.

Menanggapi perihal tersebut, Husaini selaku Murabbi asrama 3 menyatakan bahwa kericuhan tidak hanya ada tahap keempat. “Ketika pendaftaran tahap satu pun sempat terjadi kericuhan, hanya saja tidak terdengar oleh orang-orang (red: civitas akademika tak terkait) dan hanya berakhir dikantor Ma’had al-Jami’ah,” jelasnya saat ditemui langsung oleh Tim Sukma di Asrama 3.


Menurutnya kericuhan ini terjadi karena ada beberapa mahasiswa yang bertukar tahap meski pihak ma’had sendiri telah membaginya pada tahap sebelumnya. Hal tersebut menyebabkan data-data di pihak ma’had pun berubah. Bahkan ada mahasiswa yang tidak melapor ke kantor ma’had dan langsung berpindah pada saat di Asrama.” Harusnya lebih baik sesuai aturan sejak awal, ketika mereka diletakkan di tahap 1 itu yang dilakukan. Karena jika hal itu terus terjadi maka pembagian tahap pun tidak akan ada gunanya,” tambahnya dengan lugas.

Menurut pernyataan Ermalina, selaku musyrifah Asrama 3 menyatakan bahwa tidak ada perubahan syarat dalam mendaftar. Pendaftar hanya perlu menyerahkan formulir, surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani  dan melampirkan bukti pembayaran uang pendaftaran.

Begitu pula dengan prosedur pendaftarannya juga tidak ada perubahan, semua terbuka untuk semua jalur baik SNMPTN, UM-PTKIN maupun jalur Mandiri. Berbeda dengan prosedur peraturan didalam asrama semua diserahkan kepada murrabi/murrabiyah dan musyrif/musyrifah didalamnya.

Erma juga menerangkan bahwa Ma’had al-Jami’ah akan membuka pendaftaran kembali meskipun calon mahasantri/wati sudah mulai masuk asrama pada tanggal 17 Maret 2019 “Akan ada kemungkinan bahwa asrama akan membuka pendaftaran lagi untuk tahap selanjutnya, hal itu terjadi karena banyaknya mahasiswa UIN Antasari yang harus wajib asrama tetapi kuota asramanya terbatas,” tutup mahasiswi jurusan Psikologi Islam angkatan 2017 ini.


Reporter: nrl
Editor: Jarwo




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendaftaran Tahap 4 Ricuh, Ma’had Al-Jami’ah Buka Pendaftaran Lagi"

Posting Komentar