PELATIHAN DASAR DINAS PARIWISATA PROVINSI, TUMBUHKAN SADAR PARIWISATA UNTUK TOPANG PEREKONOMIAN BERKELANJUTAN

Foto: Lukah

Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan selenggarakan Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan Goes to Campus di Auditorium  Mastur Jahri, UIN Antasari Banjarmasin, Kamis (07/02).

Alfin Merancia, S. Mn, Kepala Sub Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan Goes to Campus merupakan salah satu program Dinas Pariwisata pusat yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata daerah seluruh Indonesia dengan tujuan menumbuhkan wawasan dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya sektor pariwisata untuk menopang perekonomian yang berkelanjutan.

"Dalam hal ini kami memilih pelatihan di kawasan masyarakat kampus karena mayoritas mahasiswa sebagai generasi digital dan millenial yang berintelektual berpontensi sangat besar untuk mempromosikan destinasi wisata Kalimantan Selatan dengan penggunaan media sosial", tuturnya.

Pelatihan yang diikuti 275 mahasiswa UIN Antasari ini berlangsung pukul 08.00-15.45 WITA dengan agenda penayangan film pendek dan penyampaian materi pelatihan kepariwisataan.

Adapun materi yang disampaikan antara lain mengenai “Kebijakan Pengembangan Pariwisata Nasional, Pelayanan Prima dan Sapta Pesona Bagi Mahasiswa” oleh Fransiskus Handoko, SST. Par., M. Sc (Widyaswara Ahli Madya Kementerian Pariwisata), Arah Kebijakan Pengembangan SDM Pariwisata di daerah Banjarmasin” oleh Drs. H. Dahnial Kifli, M.AP (Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan), “Peran Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Pengembangan Kepariwisataan” oleh Dr. H. Nida Mufida, M. Pd (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasana), “Peranan Industri Travel dan MICE Terhadap Peluang Kerja dan Pengembangan Industri Pariwisata Indonesia” oleh Tendi Nuralam (Tim Percepatan Kementerian Pariwisata).

Drs. H. Dahlian Kifli, M. AP, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan juga menyampaikan, "Pariwisata merupakan aset dan sektor penunjang perekonomian yang berkelanjutan dan tidak akan habis. Sehingga dengan pelatihan ini, besar harapan kami dapat mengarahkan sudut pandang kita terhadap pentingnya pengembangan pariwisata di Kalimantan Selatan".

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Pelaksana, Mahasita Dian Artianingsih, bahwa pihaknya berterimakasih atas kesigapan UIN Antasari dalam kegiatan pelatihan yang merupakan agenda rutin tahunan sejak tiga tahun terakhir. “Ucapan terimakasih kepada pihak UIN Antasari yang dengan sigap menanggapi tawaran kerjasama oleh dinas pariwisata dalam pelaksanaan kegiatan” ujar Sita saat ditemui Tim Sukma usai acara.

Menanggapi pernyataan tersebut, Dr. Hj. Nida Mufida, M.Pd, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dalam sambutannya menyatakan ucapan terimakasih kepada Dinas Pariwisata yang telah memilih UIN Antasari sebagai tuan rumah dalam pelatihan dasar SDM kepariwisataan.

"Kami menyambut baik pelatihan ini disamping akan meningkatkan wawasan, juga akan menjadi bekal dan membentuk kesadaran mahasiswa sebagai Agent of Change yang harus melihat potensi kepariwisataan hingga kemudian dapat terlibat aktif dalam pengembangan perekonomian". Pungkasnya.


Reporter: Lukah
Editor: Jarwo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PELATIHAN DASAR DINAS PARIWISATA PROVINSI, TUMBUHKAN SADAR PARIWISATA UNTUK TOPANG PEREKONOMIAN BERKELANJUTAN"

Posting Komentar