ANTASARI AWARD: LUNCURKAN DUA BUKU DAN 9 NOMINASI PENGHARGAAN SESUAI SK REKTOR

Dua buku diluncurkan yaitu “Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary: Sebagai Ulama Juru Da’wah dalam Sejarah Penyiaran Isla di Kalimantan Abad 13 H/ 18 M dan Pengaruhnya di Asia Tenggara” karya Zafry Zamzam dan buku biografi “Zafry Zamzam: Kehidupan, Kegiatan dan Pemikiran” karya H. M. Laily Mansur dalam acara Antasari Award yang diadakan dalam rangka 54 tahun UIN Antasari (sejak berdiri pada tahun 1964) ini sekaligus memperingati 100 tahun H. Zafry Zamzam (1918-2018) sebagai pendiri dan rektor pertama UIN Antasari Banjarmasin di Auditorium Mastur Jahri, Rabu (21/11).

Kedua buku tersebut dicetak sebanyak 1000 eksemplar dan nantinya akan diadakan bedah buku. Dalam kegiatan ini, buku itu dibagikan gratis kepada dosen dan mahasiswa yang berhadir. Tujuan diadakannya acara ini tidak lain untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang berjasa dan berprestasi untuk memajukan dan membesarkan UIN Antasari.
Antasari Award merupakan ajang penghargaan pertama yang digagas oleh Mujiburrahman selaku Rektor UIN Antasari Banjarmasin. Selanjutnya, acara ini digadang-gadang akan diadakan setiap 2 (dua) tahun sekali sehingga persiapan acara akan lebih matang, mengingat acara pertama ini hanya dipersiapkan selama kisaran waktu 1 (satu) bulan saja. Sedangkan untuk launching buku disiapkan selama 2 (dua) bulan oleh Rektor dan tim.

“Dengan itu kami berharap mendapatkan kekuatan lagi untuk menghadapi masa depan, menghadapi tantangan yang lebih berat. Dengan harapan juga bahwa kita akan semakin maju, semakin terdepan, semakin sukses mengembangkan kampus ini.” Ucap rektor saat ditemui tim Sukma usai acara.

“Kawan-kawan memang luar biasa, acara ini sangat terdesak, namun dengan kerja keras saya menilai acara hari ini sukses. Kalau dua tahun lagi saya yakin akan lebih sukses.” Imbuhnya.

Rangkaian acara diisi pula dengan pemutaran dua video dokumenter dari Media Duta TV tentang Zafry Zamzam, musikalisasi puisi karya Zafry Zamzam oleh Antasari Voice, dan Madihin oleh Ahmad Sya’rani seorang budayawan kalsel.

Sukarni, selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan yang merupakan ketua pelaksana Antasari Award menuturkan bahwa acara ini juga mengungkap pengetahuan masyarakat mengenai sosok Zafry Zamzam, “Bukan hanya sekedar mengetahui, namun juga memahami sepak terjang beliau sebagai perintis. Kami mengharapkan nilai-nilai yang beliau kembangkan diawal dapat direfleksikan untuk memajukan UIN Antasari.” Ujarnya.

Dihadiri oleh segenap civitas academica UIN Antasari Banjarmasin, termasuk dosen dan tokoh atau ahli waris tokoh dari berbagai profesi yang dianugerahi penghargaan sesuai 9 (sembilan) kategori sebagaimana tercantum pada Surat Keputusan (SK) Rektor UIN Antasari Banjarmasin No. 537 Tahun 2018. Adapun penentuan nominasi terpilih ditentukan oleh Panitia Seleksi.

“Kami mengadakan rapat beberapa kali dengan mempertimbangkan berbagai segi. Dan tentu masih ada yang layak diberi penghargaan insyaAllah di Antasari Award berikutnya” pungkasnya.

1. Kategori tokoh yang berjasa dalam pendirian dan pengembangan IAIN sampai menjadi UIN Antasari Banjarmasin
a) H. Zafry Zamzam
b) H. Mastur Jahri, MA
c) Drs. H. M. Asya’ari, MA
d) Prof. Dr. H. Alfani Daud, MA
e) Prof. Drs. H. M. Asywadie Syukur, Lc.
f) Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, M.A.
g) Prof. Dr. H. Akhmad Fauzi Aseri, M.A
h) Drs. H. Rudy Ariffin, MM

2. Alumni dan Dosen yang berprestasi sebagai pejabat di Lembaga/Kementerian RI
a) Prof. Dr. H. A. Hafiz Anshary AZ, MA
b) Drs. M. Ramli
c) Drs. H. Noor Fahmi, MM
d) Drs. H. Mohammad Tambrin, M.M.Pd
e) Drs. H. Sofyan Noor, M.Si.
f) Drs. H. Masrawan, M.Ag.
g) Drs. H. Abdul Wahid, H.K., M.M., M.Si.
h) Prof. Dr. H. A. Fahmy Arief, MA

3. Alumni yang Berjasa dalam Melestarikan dan Mengembangkan Sejarah, Kebudayaan dan Kesenian Lokal
a) Drs. Ahmad Barjie B
b) Ahmad Sya’rani, S. Ag., M.Ag
4. Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang Berprestasi
a) Ahmad Syawqi, S. Ag., S. IPI., M. Pd. I
b) Dr. Ahmad Muradi, M.Ag
c) Dr. Wardani, M.Ag
5. Ulama yang berkiprah untuk pembinaan umat
a) KH. Husin Nafarin, Lc., MA
b) Drs. H. Abidin Ja’far, Lc., MA
c) H. Murjani Sani, M.Ag

6. Media Mitra Pengabdian Masyarakat UIN Antasari Banjarmasin
a) Duta TV
b) RRI Banjarmasin

7. Mitra Pemberi Beasiswa Mahasiswa UIN
a) Badan Zakat Amil Nasional (Baznas) Kalimantan Selatan

8. Alumni Yang Mengabdi Untuk Kemaslahatan Agama dan Masyarakat di Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar
a) Drs. A. Husain
b) Drs Ahmad Gazali SHI
c) Drs. Syaifuddin

9. Mahasiswa yang berprestasi ditingkat Nasional dan Internasional
a) Dina Andriani
b) Muhammad Rizqon
c) Sri Rahayu
d) Nuur Fadillah
e) Sofia Mawaddah Al Insyirah
f) Dedy Cahyadi
g) Sanggar Bahana Antasari

Reporter: Wahyu
Editor: M Rahim

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ANTASARI AWARD: LUNCURKAN DUA BUKU DAN 9 NOMINASI PENGHARGAAN SESUAI SK REKTOR"

Posting Komentar