Pembukaan PBAK Bertepatan HUT Kemerdekaan RI

Jelang pengibaran Sang Saka Merah Putih di Halaman Pusat Sumber Belajar (PSB) UIN Antasari.


Seperti sebuah tradisi tahunan UIN Antasari, 17 Agustus selalu jadi tanda pembukaan Perkenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK).

Sejak pukul 6.30 WITA, kampus sudah ramai mahasiswa baru. Dengan pakaian hitam putih ditambah peci untuk laki-laki dan kerudung untuk perempuan. Mahasiswa berjas almamater biru berbaris di halaman PSB dan Perpustakaan, serta beberapa ruas jalan UIN Antasari, Jumat (17/8).

PBAK Generasi Muda Penerus Bangsa atau disingkat Garuda, ini mengangkat tema Transformasi Intelektual dan Manifesto Agent of Win Menuju Ihsan Berkeadaban.

"Transformasi ini ditujukan agar mahasiswa baru bisa menjadi pemenang dan berkompetisi menjadi yang terbaik," Ungkap Rizal selaku ketua Organizing Committee (OC).

Ia mengatakan, perkenalan organisasi juga menjadi bagian penting dari kegiatan PBAK tahun ini. Mahasiswa baru akan diinstruksikan mewawancarai setiap ormawa dan dibuktikan dengan stempel masing-masing organisasi.

Serangkaian acara PBAK berupa pemaparan materi kemahasiswaan dan keorganisasian dilalukan agar menjadi awal pembentukan sumber daya manusia yang dewasa hingga mudah membentuk ihsan yang berkeadaban, ujarnya.

Tercatat sebanyak 3156 mahasiswa baru mengikuti PBAK 2018. Mujiburrahman selaku Rektor UIN Antasari berpesan agar peserta tetap menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup.

Menurut Mujib, seleksi mahasiswa baru lebih selektif tahun ini. Adapun kegitan PBAK meliputi Tour Library dan pengenalan menggunakan Sistem Akademik Digital.

Usai acara pembukaan PBAK, peringatan HUT Proklamasi RI ke-73. Yang mana petugas pengibar bendera berasal dari UKK Pramuka sebanyak 16 orang petugas. Diakhir upacara, Presiden Jokowi melalui Rektor UIN Antasari memberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya untuk enam pegawai di lingkungan UIN Antasari. Yaitu Sarmiji Aseri, Ernawati guniah, Hamsinah, Asma Wardah, Muhammad Isra Hajiri, dan Abdul Thalib.

Rep/Foto: Anggun
Editor: Ades