MENJELANG PEMILWA 2018

Logo Panitia Pemilihan Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin


UIN Antasari akan melaksanakan agenda rutin tahunan yaitu Pemilihan Umum Mahasiswa (PEMILWA) yang dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Mahasiswa Universitas (PPMU) pada 28 Februari tahun ini.

"Panitia sendiri adalah utusan dari setiap fakultas yang ada di UIN Antasari. Dimana tiap fakultas mengirimkan 2 orang perwakilan sebagai PPMU", Ungkap Ahmad Zakaria.

"Pemunggutan suara menggunakan sistem Elektronik Voting dan ini kali pertama dilaksanakan di UIN Antasari. Berhubung pada Januari lalu, pihak rektorat mengadakan sosialisasi E-Voting dengan mengundang Wakil Rektor III dan seorang IT UIN Sunan Kalijaga", Jelasnya selaku Ketua PPMU, Sabtu (10/2).

"Dan, pemungutan suara ini bertempat di ruang Pusat Komunikasi (PUSKOM) yang terdiri dari 5 bilik dan setiap bilik tersedia 5 Unit komputer dengan jumlah keseluruhan yakni 25 Unit komputer", Ujarnya.

“Adapun cara pemungutan suara, setiap Mahasiswa(i) sebelum melakukan pemilihan terlebih dahulu menyerahkan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) kepada pihak petugas. Log in, masukkan NIM dan memilih kandidat yang telah tertera dilayar komputer", Paparnya saat ditemui tim SUKMA di Student Center.

Namun, Zakaria mengaku bahwa persiapan PEMILWA saat ini baru mencapai 45%. “Ada beberapa kendala seperti sosialisasi yang belum menyeluruh karena perbaikan sistem sehingga mengalami keterlambatan. Jadi tidak bisa melakukan sosialisasi. Begitupula dalam pembuatan pamflet masih dalam tahap penyelesaian". Tukasnya.

"Untuk pendaftaran calon kandidat sudah dibuka 2-13 Februari. Sedangkan kampanye calon Ketua dan Wakil Ketua Dema-U akan berlangsung pada 19-23 bulan ini", Ujarnya menambahkan.

"Adapun jumlah kandidat yang telah mendaftar diketahui ada 6 kandidat pasangan calon. Yakni 3 kandidat untuk SEMA-U dan 3 kandidat untuk DEMA-U", Tutupnya pada tim SUKMA.

Rep: Hawa
Editor: Ades